get app
inews
Aa Read Next : Sharing dengan Ridwan Kamil, Suhendrik Optimistis Kota Cirebon Bisa Semaju Kota Bandung

20 Oleh-Oleh Khas Cirebon, Makanan hingga Souvenir Masih Eksis hingga Kini

Jum'at, 06 Oktober 2023 | 15:18 WIB
header img
Sirup Tjampolay, salah satu oleh-oleh khas Cirebon. Foto: Ist

11. Tomcir Atom

Bakpia tidak hanya terkenal di Jogja, di Cirebon juga mempunyai bakpia khasnya sendiri yang dikenal dengan nama Tomcir Atom. 

Ciri khas Tomcir atom ini adalah bentuk luar yang tidak terlihat, tapi saat digigit, isian bakpia yang penuh langsung lumer di mulut. Tidak hanya rasa manis saja, Tomcir atom juga tersedia rasa asin dari aneka ikan seperti rasa tuna, udang, ayam, dan sosis. 

12. Jeniper (Jeruk Nipis Peras)

Jeniper akan jadi pasangan yang serasi jika disandingkan dengan tape ketan Cirebon. Kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya serta rasanya yang segar dapat menjaga kebugaran serta menyegarkan tubuh.

Jeniper dikemas dalam dua pilihan kemasan yaitu kemasan siap minum dan sirup. 

13. Sambal Asem

Sambel Asem khas Cirebon cukup populer di kalangan wisatawan terutama mereka pecinta makanan pedas. Terbuat dari cabe rawit, kacang serta asam Jawa yang ditumbuk halus.

Untuk mendapatkan sambel asam ini bisa dibeli di pasar tradisional maupun warung makan pinggir jalan sekitar kota Cirebon. 

14. Kecap Merk Oedang Sari

Kecap Merk Oedang Sari merupakan kecap asli produksi kota Cirebon, yang menyediakan dua pilihan varian rasa yaitu kecap manis dan kecap asin.

Meski kecap-kecap pabrik ternama lainnya sudah menjamur, namun eksistensi kecap merek Oedang Sari sangat melekat kuat di kalangan masyarakat Cirebon.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut