get app
inews
Aa Read Next : Sharing dengan Ridwan Kamil, Suhendrik Optimistis Kota Cirebon Bisa Semaju Kota Bandung

20 Oleh-Oleh Khas Cirebon, Makanan hingga Souvenir Masih Eksis hingga Kini

Jum'at, 06 Oktober 2023 | 15:18 WIB
header img
Sirup Tjampolay, salah satu oleh-oleh khas Cirebon. Foto: Ist

7. Serabi

Walaupun serabi sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia, namun Cirebon punya versinya sendiri untuk makanan tradisional yang satu ini. Serabi Cirebon lebih tebal dibandingkan serabi lainnya. 

Dari bentuknya memang mirip dengan serabi Bandung namun dari segi rasa ada yang berbeda. Perbedaannya terletak pada topping serabi dari Cirebon yang biasanya memiliki rasa asin. 

Sedangkan surabi Bandung lebih banyak topping manisnya. Beberapa rasa favorit yang wajib dicoba yaitu serabi oncom, kelapa, atau original.

8. Bumbu Empal Gentong

Bagi wisatawan yang ingin mencoba memasak empal gentong di rumah, bisa membeli bumbu empal gentong sebagai oleh-oleh khas Cirebon. Selain itu ada juga pilihan bumbu lainnya seperti bumbu empal asam yang memiliki cita rasa lebih segar. 

9. Ikan Asin Jambal Roti

Disebut jambal roti karena potongan ikan asin ini berbentuk kotak seperti roti. Rasa asin olahan ikan khas Cirebon ini pas, sehingga tidak akan merusak cita rasa makanan lainnya. 

Biasanya para wisatawan membeli ikan dalam bentuk mentah agar bisa diolah kembali. Cara terbaik menikmati jambal roti ini dengan cara digoreng dan dicocol ke sambal bersama nasi.

10. Kue Gapit

Kue Gapit merupakan kue tradisional Cirebon yang terbuat dari tepung tapioka dan memiliki beragam bentuk. Rasanya yang gurih dan renyah, membuat kue ini disukai semua kalangan. Tersedia dalam berbagai rasa yaitu balado, keju, bawang, kacang, kelapa, dan original. 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut