get app
inews
Aa Read Next : Sharing dengan Ridwan Kamil, Suhendrik Optimistis Kota Cirebon Bisa Semaju Kota Bandung

20 Oleh-Oleh Khas Cirebon, Makanan hingga Souvenir Masih Eksis hingga Kini

Jum'at, 06 Oktober 2023 | 15:18 WIB
header img
Sirup Tjampolay, salah satu oleh-oleh khas Cirebon. Foto: Ist

CIREBON, iNewsCirebon.id - Berkunjung ke Cirebon kurang lengkap rasanya jika tidak membawa pulang Oleh-oleh khas Cirebon. Mulai dari jajanan tradisional, bumbu, aksesoris, souvenir, hingga karya seni tradisional yang mendunia. Penasaran apa saja yang bisa dibawa dari Kota Udang ini? Mari kita cek. 

Ragam Oleh-oleh Khas Cirebon yang Legendaris 

1. Terasi Udang Cirebon

Oleh-oleh khas Cirebon pertama yang wajib dibawa pulang adalah terasi udang Cirebon. Bagaimana tidak kota yang identik dengan udang dan berbagai olahannya ini wajib untuk dicoba.

Terasi asli Cirebon memiliki ciri khas tersendiri. Rasa gurih udangnya sangat terasa karena menggunakan udang asli dengan pengolahan tradisional. Wisatawan yang ingin membeli bisa memilih terasi matang yang siap tabur dan dikonsumsi atau terasi mentah sebagai bahan campuran sambal. 

2. Sirup Tjampolay

Sirup Tjampolay merupakan sirup legendaris yang diproduksi dari tahun 1936. Manis dari sirup ini pas dan tidak terlalu kental. Rasa yang disuguhkan pun beragam seperti mangga gedong, jeruk nipis, asam jeruk, cocopandan, coffee mocha, dan yang menjadi favorit wisatawan rasa pisang susu. 

3. Batik Trusmi

Batik Trusmi sudah ada sejak abad ke 14. Penamaan batik Trusmi berasal dari lokasi pembuatan batik tersebut yaitu kampung batik Trusmi. Awalnya batik Trusmi hanya dibuat dengan bahan dasar kain mori.

Namun kini, batik Trusmi terus berkembang dan dibuat dengan bahan lainnya seperti sutra, poliester, rayon dan bahan sintetis lainnya. Motifnya pun beragam, tapi yang paling terkenal adalah motif mega mendung khas Cirebon. 

4. Kerupuk 

Sebagai kota penghasil udang, buah tangan seperti kerupuk udang tentu wajib dibeli saat berada di Cirebon. 

Menggunakan udang asli sebagai campuran kerupuk membuat rasanya menjadi sangat gurih. Memiliki bentuk seperti potongan roti tawar namun dengan ukuran yang lebih tipis.

Warnanya pun kuning kemerahan persis seperti warna udang yang telah matang. Kerupuk udang sangat cocok dijadikan cemilan ataupun pelengkap makanan.

5. Tape Ketan Daun Jambu

Pembeda antara tape ketan Cirebon dengan  tape ketan  lainnya adalah tape ketan Cirebon dibungkus dengan daun  jambu. Daun  jambu disini memberikan rasa masam terhadap tape ketannya. 

Rasa tape ini saat matang pun sangat manis seperti madu, dengan sedikit rasa asam yang menggugah selera. Ada beberapa pilihan kemasan yang bisa dibeli yaitu kemasan plastik atau ember.

6. Rengginang

Kerupuk Rengginang dicampur dengan udang, inilah yang menjadi perbedaan rengginang khas Cirebon dengan rengginang pada umumnya. 

Walaupun menggunakan bahan dasar yang sama yaitu tepung ketan, namun untuk varian rasanya sangat berbeda. Varian rasanya sangat beragam mulai dari udang, keju, dan masih banyak rasa unik lainnya. 

7. Serabi

Walaupun serabi sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia, namun Cirebon punya versinya sendiri untuk makanan tradisional yang satu ini. Serabi Cirebon lebih tebal dibandingkan serabi lainnya. 

Dari bentuknya memang mirip dengan serabi Bandung namun dari segi rasa ada yang berbeda. Perbedaannya terletak pada topping serabi dari Cirebon yang biasanya memiliki rasa asin. 

Sedangkan surabi Bandung lebih banyak topping manisnya. Beberapa rasa favorit yang wajib dicoba yaitu serabi oncom, kelapa, atau original.

8. Bumbu Empal Gentong

Bagi wisatawan yang ingin mencoba memasak empal gentong di rumah, bisa membeli bumbu empal gentong sebagai oleh-oleh khas Cirebon. Selain itu ada juga pilihan bumbu lainnya seperti bumbu empal asam yang memiliki cita rasa lebih segar. 

9. Ikan Asin Jambal Roti

Disebut jambal roti karena potongan ikan asin ini berbentuk kotak seperti roti. Rasa asin olahan ikan khas Cirebon ini pas, sehingga tidak akan merusak cita rasa makanan lainnya. 

Biasanya para wisatawan membeli ikan dalam bentuk mentah agar bisa diolah kembali. Cara terbaik menikmati jambal roti ini dengan cara digoreng dan dicocol ke sambal bersama nasi.

10. Kue Gapit

Kue Gapit merupakan kue tradisional Cirebon yang terbuat dari tepung tapioka dan memiliki beragam bentuk. Rasanya yang gurih dan renyah, membuat kue ini disukai semua kalangan. Tersedia dalam berbagai rasa yaitu balado, keju, bawang, kacang, kelapa, dan original. 

11. Tomcir Atom

Bakpia tidak hanya terkenal di Jogja, di Cirebon juga mempunyai bakpia khasnya sendiri yang dikenal dengan nama Tomcir Atom. 

Ciri khas Tomcir atom ini adalah bentuk luar yang tidak terlihat, tapi saat digigit, isian bakpia yang penuh langsung lumer di mulut. Tidak hanya rasa manis saja, Tomcir atom juga tersedia rasa asin dari aneka ikan seperti rasa tuna, udang, ayam, dan sosis. 

12. Jeniper (Jeruk Nipis Peras)

Jeniper akan jadi pasangan yang serasi jika disandingkan dengan tape ketan Cirebon. Kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya serta rasanya yang segar dapat menjaga kebugaran serta menyegarkan tubuh.

Jeniper dikemas dalam dua pilihan kemasan yaitu kemasan siap minum dan sirup. 

13. Sambal Asem

Sambel Asem khas Cirebon cukup populer di kalangan wisatawan terutama mereka pecinta makanan pedas. Terbuat dari cabe rawit, kacang serta asam Jawa yang ditumbuk halus.

Untuk mendapatkan sambel asam ini bisa dibeli di pasar tradisional maupun warung makan pinggir jalan sekitar kota Cirebon. 

14. Kecap Merk Oedang Sari

Kecap Merk Oedang Sari merupakan kecap asli produksi kota Cirebon, yang menyediakan dua pilihan varian rasa yaitu kecap manis dan kecap asin.

Meski kecap-kecap pabrik ternama lainnya sudah menjamur, namun eksistensi kecap merek Oedang Sari sangat melekat kuat di kalangan masyarakat Cirebon.

15. Keripik Tempe Sagu

Keripik Tempe Sagu khas Cirebon berbeda dengan  keripik tempe dari daerah lain. Keripik tempe Sagu memiliki warna putih kekuningan dan berbentuk bulat. Proses pembuatannya tidak diberi tepung sebelum digoreng, tapi dilapisi dengan sagu agar lebih renyah. 

16. Petis Udang

Olahan udang lainnya yang wajib dibeli adalah Petis Udang. Berbeda dengan petis udang di Surabaya, warna petis udang Cirebon lebih cerah. Warna cerah ini berasal dari udang rebon yang jadi bahan utamanya. Rasanya pun lebih kaya, perpaduan rasa pedas, gurih, serta manis langsung terasa di mulut.

17. Kerupuk Melarat

Dikemas sederhana dengan kantong plastik dan diikat tali rafia, keunikan kerupuk melarat terletak dari pengolahannya yang tidak menggunakan minyak goreng, melainkan pasir dengan cara disangrai. Terbuat dari tepung tapioka, rasa gurihnya dijamin membuat ketagihan apalagi jika ditambah sambal. 

18. Topeng Cirebon

Topeng tidak hanya dijadikan sebagai perlengkapan kesenian, tetapi juga dijadikan sebagai oleh-oleh khas Cirebon untuk dekorasi di rumah. Bahan yang digunakan dalam pembuatannya adalah jenis kayu lunak seperti kayu jaran, kayu waru, dan kayu mangga. 

19. Produk Rotan

Cirebon merupakan gudangnya penghasil produk rotan dalam berbagai aneka furniture seperti kursi, meja, keranjang, dan masih banyak lagi. Bahkan, ada sebuah kampung wisata rotan di Cirebon yang banyak dihuni oleh para perajin rotan lokal. 

20. Kerajinan Kaca Dekorasi

Lukisan kaca adalah karya seni khas Cirebon yang jarang ditemukan di tempat lain. Lukisan yang kaya akan gradasi warna membuatnya banyak diminati semua kalangan, sebagai cinderamata yang bisa dijadikan dekorasi rumah. Ciri khas lukisan kaca ini berupa kaligrafi, batik Cirebon, dan wayang. 

Itulah deretan oleh-oleh khas Cirebon yang bisa kamu cari sebelum meninggalkan kota udang ini. 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut