get app
inews
Aa Read Next : Cirebon Dilanda Banjir: 20.000 Rumah di 9 Kecamatan Terendam, 83.000 Jiwa Terdampak

20 Oleh-Oleh Khas Cirebon, Makanan hingga Souvenir Masih Eksis hingga Kini

Jum'at, 06 Oktober 2023 | 15:18 WIB
header img
Sirup Tjampolay, salah satu oleh-oleh khas Cirebon. Foto: Ist

CIREBON, iNewsCirebon.id - Berkunjung ke Cirebon kurang lengkap rasanya jika tidak membawa pulang Oleh-oleh khas Cirebon. Mulai dari jajanan tradisional, bumbu, aksesoris, souvenir, hingga karya seni tradisional yang mendunia. Penasaran apa saja yang bisa dibawa dari Kota Udang ini? Mari kita cek. 

Ragam Oleh-oleh Khas Cirebon yang Legendaris 

1. Terasi Udang Cirebon

Oleh-oleh khas Cirebon pertama yang wajib dibawa pulang adalah terasi udang Cirebon. Bagaimana tidak kota yang identik dengan udang dan berbagai olahannya ini wajib untuk dicoba.

Terasi asli Cirebon memiliki ciri khas tersendiri. Rasa gurih udangnya sangat terasa karena menggunakan udang asli dengan pengolahan tradisional. Wisatawan yang ingin membeli bisa memilih terasi matang yang siap tabur dan dikonsumsi atau terasi mentah sebagai bahan campuran sambal. 

2. Sirup Tjampolay

Sirup Tjampolay merupakan sirup legendaris yang diproduksi dari tahun 1936. Manis dari sirup ini pas dan tidak terlalu kental. Rasa yang disuguhkan pun beragam seperti mangga gedong, jeruk nipis, asam jeruk, cocopandan, coffee mocha, dan yang menjadi favorit wisatawan rasa pisang susu. 

3. Batik Trusmi

Batik Trusmi sudah ada sejak abad ke 14. Penamaan batik Trusmi berasal dari lokasi pembuatan batik tersebut yaitu kampung batik Trusmi. Awalnya batik Trusmi hanya dibuat dengan bahan dasar kain mori.

Namun kini, batik Trusmi terus berkembang dan dibuat dengan bahan lainnya seperti sutra, poliester, rayon dan bahan sintetis lainnya. Motifnya pun beragam, tapi yang paling terkenal adalah motif mega mendung khas Cirebon. 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut