get app
inews
Aa Read Next : 3 Crazy Rich asal Majalengka Masuk Nominasi 50 Orang Terkaya di Indonesia

Sosok Abah Juhani Calhaj Viral Mau Turun Pesawat demi Kasih Makan Ayam Ternak, Jual Sawah demi Haji

Minggu, 04 Juni 2023 | 17:43 WIB
header img
Sosok Abah Juhani calhaj asal Majalengka yang viral ingin turun dari pesawat demi kasih makan ayam ternak. Foto: Instagram

MAJALENGKA, iNewsCirebon.id - Ini dia sosok Abah Juhani, calon jamaah haji (Calhaj) asal Majalengka yang viral di media sosial. Kakek berusia 95 tahun itu viral mau turun dari pesawat karena belum kasih makan ayam ternaknya.

Dalam video viral, bahkan salah satu pramugari bahkan berusaha menenangkan Abah Juhani, meski tak mengerti bahasa Sunda. Setelah sukses menenangkan, pramugari itu kemudian minta foto dengan kekek 95 tahun itu.

Ternyata menurut sang anak, Abah Juhani saat ini tidak memiliki ternak di kampung halamannya. Namun dulu, diakui si Abah memang pernah memiliki peternakan ayam, kambing, juga sawah.

“Mungkin ingat masa muda dulu karena banyak ayamnya, terus memelihara kambing cukup banyak. Upami lebaran, piwarang newak masing-masing ku bapa teh (kalau pas lebaran, masing-masing (anaknya) disuruh nangkap sama Bapak teh),”  kata Siti Nuriah, anak sulung si Abah yang saat ini berusia 67 tahun.

Lanjut anak, selama tinggal di rumahnya Blok Batujaya, Desa Baribis, Kecamatan Cigasong, Abah Juhani ini kebiasaan memelihara ternak dan pergi ke sawah.

Namun kebiasaan itu mulai berhenti setelah istri tercintanya Sariah meninggal dunia, sekitar 17 tahun lalu. Kini, aktivitas Abah hanya diam di rumah, dan sholat 5 waktu berjamaah ke Masjid.

Terkait keberangkatan Abah ke Tanah Suci Mekkah, Nuriah menjelaskan, dimulai sejak sekitar 13 tahun lalu. Ketika itu, Abah mengutarakan keinginannya untuk berangkat haji kepada anak-anaknya.

Editor : Hikmatul Uyun

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut