get app
inews
Aa Read Next : Swedia Umumkan Seks sebagai Olahraga dan Bakal Gelar Turnamen, Cek Penjelasannya

Pembakaran Alquran di Swedia Lukai 1,5 Miliar Umat Muslim, Begini Reaksi Dunia

Senin, 23 Januari 2023 | 08:24 WIB
header img
Reaksi Negara-negara Muslim atas pembakaran kitab suci Alquran yang dilakukan politisi sayap kanan Swedia Rasmus Paludan di depan Kedutaan Turki di Stockholm. Foto: SindoNews/Daily Sabah

ANKARA, iNewsCirebon.id - Seluruh negara dan umat Muslim terluka serta bereaksi keras terhadap pembakaran salinan kita suci Alquran yang dilakukan politisi rasis sayap kanan Rasmus Paludan atas ijin Swedia.

Aksi Pembakaran salinan kitab suci Alquran itu dilakukan di depan gedung Kedutaan Turki di Stockholm pada Jumat lalu.

Sungguh hal ini sangat melukai hati umat Muslim yang ada di seluruh dunia sehingga mengundang reaksi sejumlah negara dan organisasi Internasional.

Berikut reaksi negara-negara terhadap aksi pembakaran salinan kitan suci Alquran oleh politisi rasis sayap kanan Rasmus Paludan seperti yang dilansir dari SindoNews yang mengutip dari TRT World, Senin (23/1/2023).

Reaksi Sejumlah Negara dan Organisasi terhadap Pembakaran Salinan Kitab Suci Alquran oleh Rasmus Paludan

1. Organisasi Kerjasama Islam (OKI)

OKI menyebut tindakan itu telah menghina nilai-nilai suci agama Islam dan menjadi contoh kedepan yang dikhawatirkan terjadinya Islamfobia

Selain itu, aksi tersebut dianggap sebagai tindakan provokatif yang menargetkan Muslim.

Oleh karenanya, OKI meminta Swedia untuk menghukum mereka yang berada di balik apa yang disebut sebagai "kejahatan rasial".

2. Mesir 

Mesir dengan tegas mengecam keras atas tindakan tercela yang memprovokasi perasaan ratusan juta umat Islam di seluruh dunia.

Mesir memperingatkan bahaya penyebaran tindakan yang menyinggung agama dan memicu ujaran kebencian dan kekerasan, menyerukan penegakan nilai-nilai toleransi dan hidup berdampingan secara damai dan mencegah pelanggaran terhadap semua agama dan kesuciannya melalui praktik ekstremis yang bertentangan dengan nilai-nilai kehormatan dan agama.

3. Yordania

Mengutuk keras aksi pembakaran salinan Alquran di Ibu Kota Swedia, Stockholm dan dengan tegas menyatakan Kerajaan menolak tindakan yang memicu kebencian ini.

4. Iran

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Nasser Kanaani menyebutkan beberapa negara Eropa dengan modus memberikan kebebasan berbicara sehingga memungkinkan elemen ekstremis dan radikal untuk menyebarkan kebencian terhadap kesucian dan nilai-nilai Islam.

Ia juga megatakan aksi ini sebagai upaya untuk memicu kebencian dan kekerasan terhadap umat Islam.

5. Qatar

Qatar mengutuk izin otoritas Swedia untuk membakar al-Quran dan meminta masyarakat internasional untuk memikul tanggung jawabnya untuk menolak kebencian dan kekerasan.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut