get app
inews
Aa Read Next : 7 Mitos Gunung Kerinci yang Misterius dan Bikin Penasaran, Tempat Jatuhnya Helikopter Kapolda Jambi

Inilah Alasan Jembatan Jawa Bali Tidak Pernah Dibangun? Ternyata Ada Mitos yang Tak Boleh Dilanggar

Kamis, 10 November 2022 | 20:34 WIB
header img
Ini Alasan Jembatan Jawa Bali Tak Kunjung Dibangun, Ada Mitos yang Tak Boleh Dilanggar. Foto : Istimewa

Denpasar,iNewsCirebon.id - Kenapa Jembatan Jawa Bali tdak pernah dibangun? Mungkin sebagian masyarakat ada yang mempertanyakan hal tersebut, hal tersebut membutuhkan penjelasan yang mendalam. 

Sebetulnya jarak antara Pulau Jawa dan Pulau Bali tidak terlalu jauh, dan memungkinkan untuk dibangun jembatan penghubung. 

Kedua pulau dipisahkan oleh Selat Bali dengan lebar sekitar 5 kilometer. Bahkan, titik terdekat antara kedua pulau itu hanya 2 kilometer. 

Ide untuk menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Bali tercetus sejak lama. Adalah guru besar Institut Teknologi Bandung (ITB), Prof Sedyatmo yang pada tahun 1960 menelurkan gagasan untuk menghubungkan pulau Sumatra, Jawa, dan Bali. 

Gagasan Sedyatmo itu diberi nama Tri Nusa Bimasakti. Dalam gagasan itu, Pulau Jawa dan Bali akan terhubung dengan Jembatan Selat Bali. Namun, gagasan Sedyatmo tinggal cerita dan tak pernah terealisasi.

Hingga berpuluh tahun kemudian, usulan menghubungkan Jawa dan Bali kembali tercetus oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi, Jawa Timur. Pada 2012, Pemkab Banyuwangi mengusulkan pembangunan jembatan Selat Bali. 

Usulan tersebut dilatari meningkatnya volume kendaraan yang menyeberangi Selat Bali. Kehadiran jembatan penghubung kedua pulau juga diyakini akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi kedua provinsi. 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut