get app
inews
Aa Read Next : Biografi KH Abdul Chalim Leuwimunding: Demi RI Merdeka, Jalan Kaki 14 Hari ke Surabaya Dirikan NU

Berikut Deretan Negara dengan Populasi Motor Terbanyak, Apakah Indonesia Termasuk?

Kamis, 13 Oktober 2022 | 10:32 WIB
header img
Berikut Negara dengan Jumlah Motor Terbanyak, Indonesia Masuk Urutan Keberapa? Foto : Istimewa

JAKARTA, iNewsCirebon.id - Negara dengan populasi sepeda motor terbanyak didunia ternyata bukan Indonesia, meski sepeda motor identik dengan Indonesia karena masyarakatnya lebih memilih sepeda motor sebagai alat transportasi utama, terlebih bagi mereka yang tinggal di wilayah tak terjangkau angkutan umum.

Lantas negara mana saja dengan populasi sepeda motor terbanyak di dunia, merangkum dari MNC Portal Indonesia, berikut deretannya : 

1. Thailand

Thailand dijuluki sebagai "Negeri 100 Juta Skuter" lantaran dipenuhi dengan sepeda motor dari berbagai merek. Menurut Pusat Penelitian Pew, dari 69,8 juta populasi 87 persen rumah tangga di negara ini memiliki setidaknya satu sepeda motor. Atau dari 18 juta rumah tangga, setidaknya ada 15 juta sepeda di negara tersebut. 

BBC menyebut ada 20 juta sepeda motor yang terdaftar di Thailand dan satu juta lebih tidak terdaftar. Dengan jumlah sepeda motor yang begitu melimpah dari rata-rata jumlah penduduk, angka kematian karena kecelakaan motor di Thailand menduduki posisi tertinggi, rata-rata 5.000 kematian setiap tahunnya.

2.Vietnam

Sepeda motor menjadi alat transportasi paling populer di Vietnam. Setidaknya ada sekitar 45 juta sepeda motor di negara dengan populasi lebih dari 90 juta orang ini atau 86 persen rumah tangga memiliki setidaknya satu.

Sebagian besar jalan di ibu kota Hanoi telah diambil alih oleh sekitar 5 juta sepeda motor. Akibat kemacetan yang ditimbulkan, pemerintah Vietnam pun berencana menguranginya.

Pengguna sepeda motor terbanyak di dunia, ada Thailand dan Vietnam. (Foto: Reuters)

3. Indonesia

Indonesia menduduki posisi ketiga negara dengan populasi sepeda motor terbanyak di dunia. Khususnya di Ibu Kota Jakarta, setidaknya ada 15 juta sepeda motor melewati kota setiap hari.

Secara umum, negara berpenduduk 273,5 juta jiwa ini merupakan pasar sepeda motor terbesar di dunia. Menurut survei yang dilakukan AISI, ada sekitar 80 juta sepeda motor di Tanah Air. Sekitar 85 persen rumah tangga memiliki setidaknya satu sepeda motor.

4. Malaysia

Malaysia memiliki populasi sekitar 32,37 juta penduduk. Di mana dari 7 juta rumah tangga 5,8 juta di antaranya memiliki sepeda motor. Secara keseluruhan, ada sekitar 13 juta sepeda motor berseliweran di sana.

Pengendara sepeda motor merupakan bagian terbesar dari kematian di jalan raya di negara tersebut. Terlepas dari risiko bahaya, sepeda motor adalah sarana transportasi favorit di Malaysia.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini urutan negara dengan populasi motor terbanyak di dunia:

1. Thailand

2. Vietnam

3. Indonesia

4. Malaysia

5. China

6. India 

7. Pakistan

8. Nigeria

9. Filipina

10. Brasil

11. Mesir

12. Italia

13. Tunisia

14. Argentina

15. Kolombia

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut