get app
inews
Aa Read Next : Hari Ini, Prabowo Terima Kenaikan Pangkat Jenderal Kehormatan dari Presiden Jokowi

Profil Azwar Anas yang Dilantik sebagai Menpan RB Hari Ini

Rabu, 07 September 2022 | 06:55 WIB
header img
Profil Abdullah Azwar Anas yang bakal dilantik jadi Menpan RB hari ini (foto: tangkapan layar)

PROFIL Abdullah Azwar Anas mendadak menjadi sorotan publik karena hari ini beredar kabar bahwa Azwar Anas bakal dilantik menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) yang baru oleh Presiden Joko Widodo

Seperti diketahui, kursi Menpan RB dalam kabinet Jokowi telah lama kosong sejak wafatnya Tjahjo Kumolo.

Beredar kabar, Presiden Jokowi bakal melantik Ketua Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP), Abdullah Azwar Anas sebagai sosok penerus Tjahjo di Kabinet Indonesia Maju.

Diketahui, Azwar selain saat ini menjabat sebagai Ketua LKPP, dirinya pernah berkiprah sebagai mantan Bupati Banyuwangi periode 2010 hingga 2021. Selain itu Azwar pernah juga menjabat sebagai anggota MPR dan DPR RI.

Pria kelahiran 6 Agustus 1973 ini pernah menjadi anggota MPR termuda di usia 24 tahun. Kader Organisasi Nahdlatul Ulama ini juga cukup dikenal sebagai sosok yang dekat dengan ulama dan simpatisan NU di Banyuwangi.

Mantan Ketua Umum Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama periode 2000-2003 ini akan didapuk oleh Presiden Jokowi umengisi jabatan Menpan RB yang sementara ini diisi oMenkopolhukam Mahfud MD selaku Menpan RB Interim.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Azwar akan dilantik oleh Presiden Jokowi di Istana pada Rabu pagi ini (7/9/2022).

Sebelumnya, Tjahjo Kumolo meninggal dunia Jumat, 1 Juli 2022 kemarin. Tjahjo meninggal usai mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Abdi Waluyo untuk penyakit paru-paru yang dideritanya.

Posisi Tjahjo yang wafat tersebut digantikan sementara Mahfud MD sebagai pelaksana tugas interim Menpan RB sejak 16 Juli 2022 kemarin.

Itulah profil Azwar Anas yang bakal dilantik oleh Presiden Jokowi sebagai Menpan RB hari ini.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut