get app
inews
Aa Read Next : Biografi KH Abdul Chalim Leuwimunding: Demi RI Merdeka, Jalan Kaki 14 Hari ke Surabaya Dirikan NU

3 Negara dengan Pebulu Tangkis Terbaik di Kejuaraan BWF, Salah Satunya Indonesia

Jum'at, 26 Agustus 2022 | 15:59 WIB
header img
Tiga negara dengan pebulu tangkis terbiaik di BWF, salah satunya Indonesia. (Foto: DOK.iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Tiga negara dengan pebulu tangkis terbiaik di BWF, salah satunya Indonesia. Tiga negara ini menjadi penyumbang pemain terbaik selama pelaksanaan kejuaraan BWF.

Kejuaraan BWF sendiri adalah kejuaraan bulu tangkis yang diorganisir oleh Badminton World Federation (BWF) untuk menentukan pemain bulu tangkis terbaik di dunia. Turnamen ini dimulai sejak tahun 1977 dan diadakan setiap tiga tahun sekali sejak tahun 1983.

Dimulai pada tahun 1985, kejuaraan diadakan setiap dua tahun sekali dan para pemain hanya berlaga satu kali dalam dua tahun hingga tahun 2005. Dan akhirnya, BWF memutuskan sejak tahun 2006, kejuaraan ini menjadi acara tahunan dalam kalender BWF dengan tujuan memberikan peluang besar bagi tiap-tiap pemain meraih gelar Juara Dunia Bulu Tangkis.

Lantas negara mana saja yang memiliki pebulutangkis terbaik sepanjang kejuaran BWF? berikut 3 negara dengan pebulu tangkis terbiaik di BWF yang dikutip dari berabagai sumber.

3 negara dengan pebulu tangkis terbiaik di BWF:

1. Cina

Dinomer pertama negara dengan pebulu tangkis terbiaik di BWF adalah Cina. Cina diketahui memeiliki sederet nama pemain kelas dunia seperti Gao Ling yang mendapatkan 3 medali emas pada nomor ganda putri pada tahun 2001, 2003 dan 2006 sedangkan 1 medali emas di raih pada nomor ganda campuran pada tahun 2001. 

Selanjutnya Pemain Cina adalah Cai Yun yang mendapatkan empat kali gelar Kejuaraan Dunia pada tahun 2006, 2009, 2010 dan 2011 yang menjadi pembuktian ganda putra China Cai Yun dan Fu Haifeng dalam perjalanan karier bulu tangkis yang luar biasa.

Zhao Yunlei  juga pemain asal Cina yang selma perjalanan kariernya Zhao Yunlei telah berhasil memperoleh lima medali dalam Kejuaraan Dunia. Tergabung dalam ganda putri bersama dengan Tian Qing, Zhao Yunlei berhasil mendapatkan medali emas pada tahun 2014 dan 2015. Sedangkan di tahun 2011, 2014 dan 2015, Zhao Yunlei meraih medali emas dengan permainan ganda campuran berpasangan dengan Zhang Nan. 

Pemain Cina lainnya yang merupakan pemain terbaik dunia adalah Lin Dan yang yang sukses mendapatkan medali emas terbanyak, yaitu sebanyak lima kali. Pada tahun 2006, 2007, 2009, 2011, dan 2013 Lin Dan berhasil menjadi juara dunia dalam pertandingan tunggal putra. Selain itu, ia juga mengukir prestasi dalam ajang Asean Games, Summer Olympics, Badminton Asia Championships, dan masih banyak lainnya.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut