get app
inews
Aa Read Next : Biografi KH Abdul Chalim Leuwimunding: Demi RI Merdeka, Jalan Kaki 14 Hari ke Surabaya Dirikan NU

3 Tipe Pekerja Seks Komersial di Indonesia: No 2 Bekerja Atas Kemauan Sendiri 

Rabu, 03 November 2021 | 11:16 WIB
header img
Ilustrasi pekerja seks komersial (PSK).(Foto:Mirror)

JAKARTA, iNews.id - Pekerja seks komersial atau PKS di Indonesia berdasarkan penelitian dan pengalaman, setidaknya terdapat 3 tipe PSK di Indonesia.

Tiga tipe tersebut dibenarkan psikolog seks, Kasandra Putranto. Ini senada dengan penelitian yang dilakukan Louise Brown, dosen Universitas Birmingham, Inggris yang menyebutkan PSK di Asia terbagi dalam tiga kategori.

Selain akibat perdagangan manusia atau human trafficking, ada dua tipe PSK online lainnya yang cara kerjanya tidak terbelenggu siapa pun.

Melihat kondisi demikian, dia melihat faktor ekonomi tak serta-merta menjadi alasan seseorang terjun menjadi PSK. Mengutip dari peneliti University of British Columbia Mohammad Karamouzian, selain faktor ekonomi ada juga faktor kerentanan diri (vulnerability) yang menjadikan seseorang terjun ke bisnis esek-esek.

"Bagi individu yang menjual jasa seks biasanya mereka memiliki profil psikologis khas yang cukup rentan seperti memiliki riwayat luka dan trauma masa lalu, memiliki keadaan hidup yang sulit atau tak jarang beberapa juga sekadar ingin menyalurkan hasrat sekaligus mendapatkan keuntungan," ujar Kasandra, Selasa (2/11/2021).

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut