get app
inews
Aa Read Next : Maulid Nabi Muhammad, Keraton Kacirebonan Gelar Upacara Panjang Jimat

Lukisan Kaca Karya Seni Ini Jadi Alternatif Buah Tangan Wisatawan yang Datang ke Cirebon

Sabtu, 30 Oktober 2021 | 13:58 WIB
header img
Salah satu pengrajin dan seniman lukisan kaca terlihat serius menorehkan cat di atas kaca (foto: miftahudin)

KOTA CIREBON, iNews.id - Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan sangat berdampak dan berpengaruh terhadap berbagai sektor, salah satunya adalah pariwisata. Bukan hanya Obyek Wisata saja, namun juga dirasa pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang bergerak dibidang kerajinan seni dan budaya. 

Guna kembali menggaerahkan para pelaku UMKM dan pedagang kecil, berbagai upaya sudah dilakukan pemerintah dengan menyalurkan bantuan permodalah hingga bantuan langsung tunai kepada warga terdampak.


Salah satu pengrajin dan seniman lukisan kaca terlihat serius menorehkan cat di atas kaca (foto: miftahudin)

Kota Cirebon yang kini berstatus level 2 menjadikan angin segar bagi para pengrajin lukisan kaca. Terlebih saat ini kasus Covid-19 di Kota Cirebon terus mengalami tren penurunan. 

Salah satunya pengrajin lukisan kaca, yang menjadi ciri khas Cirebon, kembali dilirik sejumlah wisatawan dan pengunjung yang datang ke Kota Cirebon.

Apalagi tempat obyek wisata kembali diperbolehkan untuk buka, menambah keyakinan masyakat situasi perekonomian kembali pulih.

Adalah galery lukisan kaca Paseban Keraton Kacirebonan, dilokasi yang berada di dalam lingkungan keraton aktivitas melukis ditempat ini mulai menggeliat. Orderan dan pesanan terhadap lukisan kaca juga berdatangan, dari para pengunjung yang datang langsung ke keraton hingga yang order dari luar kota. 


Salah satu pengrajin dan seniman lukisan kaca terlihat serius menorehkan cat di atas kaca (foto: miftahudin)

Sementara harga yang ditawarkanpun cukup relatif terjangkau, dari harga yang terendah Rp 500 ribu hingga puluhan juta.
"Allhamdulillah, saat ini sudah mulai ada yang pesan dan order lukisan kaca hasil karyanya," ucap seniman sekaligus budayawan Keraton Kacirebonan Elang Iyan Ariffudin Sabtu (30/10/2021). 

Ditambahkan, bukan hanya berdampak langsung terhadap pengrajin lukisan kaca dan pelaku seni, dengan dibukanya obyek wisata juga menjadikan roda perekonomian warga sekitar mulai berputar dan bangkit. 

Pedagang kecil mulai memberanikan diri berjualan tanpa harus takut dengan penularan Covid-19. Meskipun protokol kesehatan terus dikedepankan, sampai pandemi Covid-19 benar-benar hilang.

Meskipun Kota Cirebon dikenal kaya akan oleh-oleh bagi para pengunjung maupun wisatawan yang datang. Namun, lukisan kaca setidaknya menjadi alternatif bagi wisatawan untuk menjadikan karya seni itu sebagai buah tangan, bukan hanya untuk dikenalkan di tingkat lokal namun juga kancah dunia.

 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut