get app
inews
Aa Read Next : HUT ke 44 Pengajian Al Hidayah, Dihadiri 600 Jamaah dari Kota Cirebon

Maulid Nabi Muhammad, Keraton Kacirebonan Gelar Upacara Panjang Jimat

Kamis, 28 September 2023 | 23:40 WIB
header img
Maulid Nabi Muhammad, Keraton Kacirebonan Gelar Upacara Panjang Jimat. Foto : Ali Solihin

KOTA CIREBON, iNewsCirebon.id - Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW atau Muludan digelar upacara panjang jimat atau kerap disebut pelal. Seperti yang digelar oleh Keraton Kacirebonan, Kamis (28/9/2023) 

Prosesi panjang jimat yang berlangsung di Bangsal Prabayaksa Keraton Kacirebonan Kota Cirebon

Sebelum prosesi dimulai, Sultan Kacirebon IX, Pangeran Raja Abdugani Natadiningrat, S.E. memberikan sambutan sekaligus pesan khusus kepada qarga dan tamu undangan yang menghadiri acara prosesi.

Sultan berpesan agar senantiasa selalu meneladani dan mengingat anjuran Nabi Besar Muhammad SAW. 

"Baik pada malam hari ini Puncak acara serangkaian panjang jimat yaitu Pelal Agung itu iringan panjang jimat yang dibawa dari prabayasa menuju masjid ya hal ini merupakan perasaan syukur nikmat kita tentunya di samping kita melestarikan nilai tradisi budaya tetap kita momentum sebagai untuk memperingati hari nabi besar muhammad shallallahu alaihi wasallam agar, kita menyemangatkan kembali nilai-nilai keimanan kita keyakinan yang kita harus lakukan sepanjang masa harapannya pastinya pijat ini berkaitan dengan tradisi," tutur Sultan Abdulgani,

Sultan berharap, acara ini mendapat selalu dilestarikan oleh keraton dan juga masyarakat pun ikut bersama-sama untuk melestarikan nilai-nilai kearifan lokal tersebut ya Sehingga tradisi budaya akan selalu tertarik.

Prosesi dimulai setelah Sultan memberikan wejangan. Para abdi dalem serta pemangku adat melakukan iring-iringan sambil membawa Nasi dan Lauk Jimat menuju Langgar Agung Tirta Sumirat untuk melakukan doa bersama. 

 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut