get app
inews
Aa Read Next : Maulid Nabi Muhammad, Keraton Kacirebonan Gelar Upacara Panjang Jimat

Tari Tayuban Cirebon, Masih Lestari di Keraton Cirebon

Jum'at, 13 Mei 2022 | 22:26 WIB
header img
Salah seorang Patih Keraton Kacirebonan sedang menari Tayuban (Foto : Riant Subekti)

KOTA CIREBON, iNews.id  - Tari Tayub Cirebon ternyata masih dilestarikan sejumlah penari di salah satu Keraton di Cirebon.

Pertunjukan Tari Tayuban sendiri digelar di dalam Keraton Kacirebonan saat menyambut tamu agung dalam gelaran acara tertentu.

Dalam gerakan Tari Tayub tidak jauh berbeda dengan gerakan lainya, seperti Tari Topeng, Tari Tayuban tersebut memiliki pepakem dengan gerakan diiringi musik tradisional gamelan.

Tarian yang sudah ada sejak dulu tersebut memiliki makna guyub tanpa membedakan kasta atau golongan.

Patih Keraton Kacirebonan, Elang Pangeran Tomy Iplaludin mengatakan dalam tarian tersebut tidak membedakan sebuah kasta atau golongan, semua sama dan mengajarkan saling menghormati sesama.

" Secara umum tari Tayuban lebih banyak gerakan sang penari, sedangkan para nayaga harus bisa mengikuti tiap gerakan penarinya," ujarnya, Jumat (13/5/2022).

Sayangnya tarian tersebut  hampir sudah tidak dikenal oleh kalangan muda, Elang Tomy berharap generasi muda bisa mengenal Tari Tayuban, hingga melestarikannya.

Karena tidak hanya mencintai budaya sendiri namun menjaga tarian yang mempunyai makna guyub tersebut agar tidak punah di telan jaman.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut