Covid-19 Mulai Mereda, Kerajinan Lukisan Kaca Kembali Menggeliat

Miftahudin
.
Jum'at, 29 Oktober 2021 | 17:58 WIB

KOTA CIREBON, iNews.id - Kasus Covid-19 di Kota Cirebon yang mulai mengalami tren penurunan, berdampak positif terhadap sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang mulai menggeliat. 

Salah satunya kerajinan dan seni lukisan kaca ciri khas Cirebon, yang setelah mengalami keterpurukan akibat pandemi Covid-19 yang berkepanjangan. Kali ini sudah mulai bangkit, orderan yang selama ini sepi juga mulai muncul hingga sedikit memberi harapan dan angin segar agar roda ekonomi kembali berputar.

Salah satunya seniman asal Keraton Kacirebonan Iyan Ariffudin, saat ini aktivitas di galery Paseban Keraton Kacirebonan tempat menyimpan hasil karyanya mulai terlihat banyak pesanan. Bukan hanya dari lokal cirebon saja, Ariffudin sering sekali menerima pesanan lukisan kaca dari luar kota seperti Jakarta dan Bandung bahkan sampai luar Jawa. "Pemesan biasanya, lebih memilih tema atau lukisan wajah dan karakter hewan atau motif ciri khas cirebon," ujarnya Jumat (29/10/2021).

Ditambahkan, untuk satu karya lukisan biasanya memakan waktu 2 minggu bahkan sampai 1 bulan, tergantung tingkat kesulitan tema yang dilukisnya. Apalagi seni lukisan kaca berbeda dengan lukisan pada umumnya yang cara pembuatanya dengan cara terbalik. "Selain terbalik, kesulitan melukis kaca yakni tingkat ketelitiannya harus benar-benar jeli," tambahnya.

Masih menurut Iyan Ariffudin, meski sudah mulai menggeliat namun banyaknya pesanan dan orderan tidak seramai sebelum pandemi Covid-19. Sedangkan, untuk harga yang ditawarkanpun setiap lukisan sangat bervariasi tergantung tingkat kesulitan dan keindahan lukisan. Di galery tempat lukisanya Elang Iyan panggilan akrabnya, menjual dari harga Rp500 ribu hingga puluhan juta rupiah.    

Para pengrajin dan seniman lukisan kaca di Cirebon, berharap pandemi Covid-19 benar-benar reda sehingga roda perekonomian kembali bangkit dan pulih. 

 

Editor : Miftahudin
Bagikan Artikel Ini