get app
inews
Aa Read Next : Pulau Cocos Keeling Australia Dihuni Orang Jawa, Warganya Suka Sinetron dan Lagu Indonesia

5 Negara Jadi Surga Duit bagi TKI, Berapa Penghasilan per Bulan ya?

Sabtu, 16 Juli 2022 | 06:48 WIB
header img
Ilustrasi Tenaga Kerja Indonesia (Foto: doc iNews.id)

LIMA negara ini menjadi surga duit bagi para Tenaga Kerja Indonesia (TKI), sehingga keberadaannya menjadi incaran bagi para pengadu nasib yang ingin ke luar negeri.

Tentu saja mereka mengharapkan penghasilan yang lebih ketimbang mereka bekerja di Indonesia.

Apapun profesinya, standar gajinya tentu lebih tinggi jika dibandingkan dengan profesi serupa di Indonesia, ditambahkan lagi faktor dari nilai tukar kurs mata uang asing terhadap rupiah.

Di antara banyaknya negara di dunia ini, ada sejumlah wilayah yang jadi primadona bagi TKI dan kerap menjadi magnet untuk bisa bekerja disana. Penasaran? Berikut daftar 5  negara yang jadi surga duit bagi TKI.

1. Singapura

Negeri Jiran yang juga berstatus sebagai negara paling maju dan makmur di kawasan Asia Tenggara, menjadikan Singapura primadona bagi TKI dan bisa menjadi surga duit bagi siapa saja WNI yang bekerja di sana.

Sebagai informasi, menjadi asisten rumah tangga di Singapura penghasilannya bisa mencapai Rp5,8 juta per bulan, nominal yang jauh lebih tinggi daripada pekerja kantoran dengan upah UMR di Ibukota Jakarta sekalipun. Tentu saja jika memiliki profesi yang jauh lebih baik dibanding ART, kemungkinan gaji yang didapatkan bisa lebih besar.

2. Australia

Jaraknya yang masih dianggap dekat dengan Indonesia, membuat para TKI berebut ingin ke Australia. 

Selain itu, Upah Minimum Regional (UMR) Australia menggunakan sistem hitung per jam yang mencapai AUD20 atau sekitar Rp205 ribu.

Jika asumsi seseorang bekerja dalam seminggu selama 40 jam (re : 8 jam / hari x 5), maka TKI bisa mendapatkan sekitar AUD800 atau sebesar Rp8,2 juta hanya dalam satu minggu saja.

Pendapatan itu belum termasuk uang lembur, dimana konon orang Australia sangat suka kepada pekerja yang doyan atau terbiasa bekerja lembur. Menggiurkan sekali, bukan?

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut