Logo Network
Network

Pulau Cocos Keeling Australia Dihuni Orang Jawa, Warganya Suka Sinetron dan Lagu Indonesia

Mery
.
Kamis, 01 Desember 2022 | 07:40 WIB
Pulau Cocos Keeling Australia Dihuni Orang Jawa, Warganya Suka Sinetron dan Lagu Indonesia
Pulau Cocos Keeling Australia dihuni orang Jawa yang menyukai sinetron dan lagu Indonesia. Foto: Tangkapan Layar Bang Ichon TV

JAKARTA, iNewsCirebon.id - Cocos Keeling, bukan saja namanya terdengar unik namun Pulau di Australia ini ternyata dihuni mayoritas oleh orang Jawa dan Melayu.

Kepulauan Cocos adalah sebuah wilayah luar negeri Australia yang terdiri dari 2 atol dan 27 kepulauan koral. Pulau ini terletak di selatan Indonesia, lebih tepatnya di selatan Pulau Jawa di Samudera Hindia dan 2.800 km dari Perth, Australia. Meski letaknya dekat dengan Indonesia, tapi pulau ini menjadi hak milik Australia sejak 1955 setelah sebelumnya dikuasai Inggris dan Srilanka. Untuk pergi ke pulau ini pun, tetap harus melewati Australia.

Pada tahun 2007, warga di kepulauan Cocos diperkirakan sekitar 596 jiwa. Populasi penduduk terbagi menjadi dua, terdapat bangsa Eropa berjumlah 120 jiwa menempati West Island dan bangsa Jawa dan Melayu Cocos di Home Island yang berjumlah 500 jiwa.

Bahasa utama yang digunakan di tempat ini adalah bahasa Melayu Cocos dan Inggris. Warga ditempat ini mayoritas beragama Islam Sunni dan sebagian kecil lainnya beragama Kristen.

Ibukota Kepulauan Cocos adalah West Island, sementara pemukiman penduduk terbesar adalah Home Island, tepatnya di desa Bantam.

Follow Berita iNews Cirebon di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.