get app
inews
Aa Read Next : Intip Uniknya Rumah Ini, Bangun Ruang Tamu di Indonesia dan Dapur di Malaysia

Wanita Ini Miliki Golongan Darah Emas, Paling Langka di Dunia

Jum'at, 18 November 2022 | 12:53 WIB
header img
Wanita Malaysia berdarah emas, pemilik golongan darah Rhnull paling langka di dunia. Foto: Facebook Derma Darah Terengganu Kite

JAKARTA, iNewsCirebon.id - Ada seorang wanita di Trengganu Malaysia yang memiliki golongan darah paling langka di dunia, yang sering disebut golden blood atau darah emas.

Golden blood atau darah emas dalam istilah medis dikenal dengan 'Rhnull' dan hanya dimiliki oleh sekitar 43 orang saja di dunia.

Dalam unggahan Facebook bank darah Terengganu menyebutkan bahwa wanita asal Trengganu Malaysia adalah satu-satunya orang Malaysia dengan jenis golongan darah bernama 'Rhnull' tersebut. Sayangnya unggahan tersebut tidak menyebutkan identitas wanita tersebut, meski fotonya dipajang.

"Golongan darah donor ini adalah Rhnull, yang merupakan golongan darah yang paling sulit ditemukan di dunia. Sejauh ini hanya 43 orang di muka bumi yang memiliki golongan darah tersebut. Di Malaysia? Hanya dia yang sendirian sejauh ini," tulis akun facebook Derma Darah Terengganu Kite, Kamis (25/11/2021).

Pihak bank darah dalam unggahan itu menyebutkan bahwa darah yang disumbangkan wanita tersebut akan dikirim ke bank darah nasional di Kuala Lumpur. Darah akan disimpan dalam wadah berisi nitrogen pada suhu minus 80 derajat selama 10 tahun.

"Jika ada pasien yang membutuhkan darah jenis ini, maka darah ini akan diencerkan untuk digunakan," tulis akun tersebut.

"Kamu yang spesial, 'Sis'. Tidak peduli apa golongan darah Anda, Anda selalu tipe seseorang. Darah Anda dapat membantu menyelamatkan nyawa manusia lain," sambung akun itu.

Australian Academy of Science menjelaskan bahwa orang yang hidup dengan golongan darah ini sama sekali tidak memiliki antigen Rh (protein) pada sel darah merah. 

Golongan darah langka pertama kali ditemukan pada seorang wanita Aborigin Australia pada tahun 1961.

Sumbangan Rhnull yang sangat langka dan sulit diperoleh menyebabkan individu dengan golongan darah ini akan mengalami kesulitan saat membutuhkan transfusi.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut