Unik! 4 Hewan Hasil Perkawinan Silang, Ada Kucing Hidup Raksasa dengan Berat 410 Kilogram

Wasis Wibowo
Hewan hasil perkawinan silang (Foto: Istimewa/boredpanda)

JAKARTA, iNews.id - Kemajuan dunia berkembang seiring dengan kemajuan teknologi. Rekayasa genetika dan kloning juga tak ketinggalan, keduanya bisa saja membuat semua berubah. Salah satunya dalam hal perkawinan silang untuk beberapa hewan sehingga menghasilkan varian unik sesuai sifat asli induknya.

Berikut daftar perkawinan silang unik yang dikutip dari laman boredpanda. 

1. Liger (Singa Jantan + Harimau Betina)

Meskipun ada rumor tentang liger liar, namun sejauh ini hanya ada di penangkaran tepat mereka sengaja dikembangbiakan. Mereka tumbuh menjadi sangat besar dengan sangat cepat, dan merupakan kucing terbesar di dunia. 

Hercules, adalah liger adalah kucing hidup terbesar di Bumi, dengan berat lebih dari 410 kg.

2. Zebroid (Zebra + Kuda Lainnya)

Charles Darwin adalah salah satu orang yang pertama menyebutkan zebroid, hewan yang sulit diatur dan sulit dijinakkan, dan lebih agresif daripada kuda. 

Zebroid adalah keturunan dari persilangan antara zebra dan kuda lain untuk membuat hibrida.

Dalam kebanyakan kasus, pejantan adalah kuda zebra. Keturunan dari pejantan keledai dan zebra disebut donkra dan keturunan pejantan kuda dan zebra yang disebut hebra memang ada, tetapi jarang dan biasanya mandul. 

Zebroid telah dibiakkan sejak abad ke-19. Charles Darwin mencatat beberapa hibrida zebra dalam karyanya.

3. Wholphin (Paus Pembunuh Jantan + Lumba-lumba Hidung Botol Betina)

Paus pembunuh palsu sebenarnya berasal dari keluarga yang sama dengan lumba-lumba, tetapi mereka sangat langka.

Hanya satu wholphin (portmanteau paus + lumba-lumba) yang ada di penangkaran. Wholphin adalah hibrida cetacea langka yang lahir dari perkawinan lumba-lumba hidung botol betina (Tursiops truncatus) dengan paus pembunuh palsu jantan (Pseudorca crassidens). 

Namanya menyiratkan hibrida paus dan lumba-lumba, meskipun secara taksonomi, keduanya berada dalam keluarga "lumba-lumba laut", yang termasuk dalam subordo "paus bergigi". Wholphins telah lahir di penangkaran dan juga dilaporkan di alam liar.

4. Cama (Unta + Llama)

Cama adalah hibrida antara unta dromedaris jantan dan llama betina, dan telah diproduksi melalui inseminasi buatan di Pusat Reproduksi Unta di Dubai pada tahun 1998. 

Hewan ini diciptakan untuk bulu dan penggunaan sebagai alat transportasi membawa beban. Hanya 5 yang pernah dikembangbiakan. 

Cama pertama lahir pada 14 Januari 1998. Tujuannya adalah untuk menciptakan hewan yang mampu menghasilkan wol lebih tinggi daripada llama, dengan ukuran dan kekuatan unta dan temperamen yang kooperatif.

Editor : Miftahudin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network