5 Kampung Wisata dan Edukasi Batik Cirebon, Bisa Membatik Sendiri

Dede Kurniawan/Net Cirebon
Lima kampung wisata dan edukasi batik Cirebo bisa jadi tujuan wisata akhir pekan. (Foto: ilustrasi batik)

3. Kawasan Wisata Batik Trusmi

Kawasan Wisata Batik Trusmi berada di  Jl. Syekh Datul Kahfi, Weru Kidul, Kec. Weru, Kabupaten Cirebon. sama hal nya dengan kampung batik lainya, di wisata batik trusmi ini juga memanjakan pengunjung dengan mengajak pengunjung untuk membatik sendiri.

4. Museum Trupark

Museum Trupark berada di Desa Weru Lor, Kec. Weru, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Museum Trupark. Dibuka tanggal 29 November 2018 sebagai bagian dari Toko Batik Trusmi, dan Restoran Batik Kitchen, di sentra batik Desa Trusmi, Kecamatan Plered, Cirebon Kabupaten.  

Konsepnya sama dengan museum batik di Jakarta, Museum Tekstil (1976); Museum Batik Kuno Danar Hadi, di Solo, Jawa Tengah (1967); Museum Batik Seno, Jogjakarta, (1979); dan Museum Batik, Pekalongan, Jawa Tengah (1972). Ada koleksi batik, perkakas membatik, dan kegiatan membatik bagi pengunjung.

5.Kampung Barik Ciwaringin

Kampung Barik Ciwaringin berada di desa Ciwaringin, Kabupaten Cirebon.Batik Ciwaringin merupakan salah satu jenis batik khas daerah Cirebon lainnya yang kini sudah diaplikasikan terhadap berbagai model fashion yang beragam mulai dari dress, sandal, masker dan lainnya dengan tetap menjaga kelestariannya motif budayanya. 

Motif batik Ciwaringin ini beragam mulai dari motif Rajeg wesi, Pecutan, Piring Sedapur, Nyusupan dan motif lainnya. Motif  Rajeg wesi menurut penjelasan pengrajin memiliki makna yaitu pagar besi yang bermaksud melindungi atau memberikan rasa aman terhadap pemakainya lalu ada motif yang populer yaitu motif pecutan yang terinspirasi dari tangkai serta dedaunan yang sering dipakai oleh pengajar di pondok pesantren untuk mencambuk semangat para santri dalam belajar.

Editor : Miftahudin

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network