10 Cara Menghilangkan Papiloma Secara Alami, Kutil Dalam Sekejap Lenyap

Wilda Fajriah/NET
10 cara menghilangkan papiloma secara alami (Foto : Healthline)

KUTIL kerap kali menganggu penampilan. Kutil yang dalam bahasa medis disebut Papiloma merupakan benjolan kecil, berdaging pada kulit atau selaput lendir yang disebabkan virus Papiloma.

Gejala utama berupa daging tumbuh yang tak terasa sakit pada kulit. Bagian kulit yang terkena biasanya tangan, kaki, dan alat kelamin.

Penanganan kutil berupa obat-obatan topikal dan pengangkatan melalui prosedur medis. Namun, ada juga bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati kutil.

Melansir dari healthline, berikut 10 cara menghilangkan kutil dengan bahan-bahan alami.

1. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel dianggap bekerja seperti asam salisilat. Asam salisilat adalah pengobatan kutil umum yang mengelupas kulit yang terinfeksi.

Cuka juga memiliki sifat antimikroba alami yang dapat membantu melawan kutil, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan.

Untuk mencobanya, campurkan 2 sendok cuka sari apel dan 1 sendok air. Rendam bola kapas dengan campuran ini. Letakkan di atas kutil, dan tutup dengan perban. Biarkan selama tiga sampai empat jam.

Selalu encerkan cuka sari apel dengan air. Keasaman dapat menyebabkan iritasi dan luka bakar kimia. Juga, jangan mengoleskannya pada luka terbuka.

2. Kulit pisang

Kalium dalam kulit pisang dikabarkan dapat melawan papiloma. Namun, tidak ada penelitian yang menghubungkan potasium dengan pengobatan kutil atau infeksi kulit akibat virus.

Juga, tidak ada bukti ilmiah bahwa kulit pisang melawan papiloma. Jika ingin mencobanya, gosokkan bagian dalam kulit pisang pada kutil. Ulangi proses ini setiap hari untuk melihat hasilnya.

3. Bawang Putih

Allicin, komponen utama bawang putih, memiliki efek mikroba. Ia bekerja dengan menghancurkan enzim patogen berbahaya. Untuk mengobati kutil dengan bawang putih, haluskan 1 siung dan campur dengan air.

Oleskan ke kutil dan tutup dengan perban. Ulangi setiap hari selama tiga sampai empat minggu. Anda juga bisa mengoleskan jus bawang putih atau mengoleskan cengkeh pada kutil.

4. Kulit jeruk

Obat kutil populer lainnya adalah kulit jeruk. Ini adalah pilihan yang murah, tetapi tidak ada data ilmiah untuk mendukungnya. Obat ini termasuk menggosok kulit jeruk pada kutil sekali sehari.

Seharusnya, kutil akan berubah warna, menggelap, lalu rontok. Ini mungkin memakan waktu dua minggu atau lebih untuk melihat hasilnya.

Editor : Miftahudin

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network