get app
inews
Aa Read Next : Partai Gelora Kabupaten Cirebon Gelar Tebus Murah Minyak Goreng, Hanya Rp. 7000/Liter

Mengenal Pemilik Wilmar Group Salah Satu Orang Terkaya RI

Jum'at, 03 Juni 2022 | 13:01 WIB
header img
Martua Sitorus, pemilik Wilmar Group, salah satu orang terkaya RI. (Foto: doc. iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Wilmar merupakan salah satu produsen minyak goreng terbesar di Tanah Air.

Pemiliknya adalah salah satu orang terkaya di Indonesia, Martua Sitorus. Dalam daftar 50 Orang Terkaya Forbes akhir tahun lalu, dia berada di peringkat 14.

Kekayaan bersihnya tercatat sebesar 2,85 miliar dolar AS atau setara Rp41,79 triliun. Sementara menurut data real time Forbes, kekayaannya saat ini bertambah menjadi 2,9 miliar dolar AS atau Rp41,8 triliun.

Adapun kekayaan pengusaha berusia 62 tahun ini berasal dari Wilmar Group yang bergerak di perkebunan kelapa sawit dan berbasis di Singapura.
Martua mendirikan Wilmar bersama dengan Kuok Khoon Hong pada 1991. Adapun luas lahan Wilmar pada awalnya sebesar 7.100 hektare. Seiring berjalannya waktu, bisnis Wilmar makin meluas dan menjangkau beberapa negara di dunia.

Pria dengan nama asli Thio Seng Hap alias A Hok ini lahir pada 6 Februari 1960 di Pematang Siantar, Sumatera Utara. Keluarganya bukan termasuk keluarga berada.

Karena itu, dia menjual udang dan menjadi loper koran untuk membantu keluarganya. Pekerjaan tersebut dilakukan sambil menempuh pendidikan. Berkat kegigihannya, dia berhasil menyelesaikan studi ekonomi di Universitas HKBP Nommensen Medan.

Lulus kuliah, dia sempat menjalankan usaha kecil-kecilan hingga mendirikan Wilmar Group. Dia mengundurkan diri dari dewan Wilmar pada Juli 2018.

Sementara itu baru-baru ini, salah satu anak usaha Wilmar, Wilmar Nabati Indonesia terlibat dalam kasus korupsi minyak goreng.

Komisaris Utama PT Wilmar Nabati Indonesia Master Parulian Tumanggor ditetapkan sebagai salah satu tersangka mafia minyak goreng.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut