Logo Network
Network

Ini Kisah Mistis Batu Kapal dalam Film KKN di Desa Penari, Ternyata Jalur Nyi Roro Kidul ke Merapi

Erfan Erlin
.
Kamis, 19 Mei 2022 | 14:24 WIB
Ini Kisah Mistis Batu Kapal dalam Film KKN di Desa Penari, Ternyata Jalur Nyi Roro Kidul ke Merapi
Pengelola Batu Kapal menunjukkan batu yang digunakan Nyi Badarawuh saat beradegan tiduran dililit dua ular besar. (Foto: MPI/Erfan Erlin)

GUNUNGKIDUL, iNews.id - Batu Kapal menjadi bahan pembicaraan usai menonton film "KKN di Desa Penari". Adegan Nyi Badarawuh tidur di atas batu, lalu tubuhnya dililit dua ular besar yang mendebarkan itu berlokasi di atas Batu Kapal yang hangat diperbincangkan.

Batu Kapal merupakan objek wisata yang berada di Dusun Klenggotan RT 1 Kalurahan Srimulyo, Kapanewon Piyungan. Di lokasi ini, sejumlah adegang film " KKN di Desa Penari" diambil gambarnya.

Wakil Ketua Pokdarwis Batu Kapal, Syamsi Dwi A Safarudin (56) membenarkan jika objek wisata Batu Kapal, pernah dijadikan lokasi syuting film " KKN di Desa Penari". Namun kala itu, Batu Kapal belum menjadi sebuah obyek wisata seperti sekarang ini.

Syamsi menduga, selain karena eksotisme Batu Kapal, pengambilan gambar film " KKN di Desa Penari" juga karena cerita mistis di balik Batu Kapal. Didukung oleh suasana mistis di objek wisata Batu Kapal, di mana kontur sungai dipenuhi batu purba dengan lekuk eksotis. "Di sini juga ada sebuah pohon Munggur, yang telah dililiti oleh pohon beringin. Bahkan pernah ada orang yang meninggal karena jatuh ketika berusaha memotong pohon Munggur tersebut," tambahnya. Samsyi menyebut Batu Kapal berada di Sungai Opak yang berhulu langsung di Gunung Merapi, serta bermuara di Pantai Selatan yaitu wilayah Parangtritis. Konon Sungai Opak menjadi satu-satunya jalur Nyi Roro Kidul, ketika ingin sowan ke Gunung Merapi.

Follow Berita iNews Cirebon di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.