get app
inews
Aa Read Next : Biografi KH Abdul Chalim Leuwimunding: Demi RI Merdeka, Jalan Kaki 14 Hari ke Surabaya Dirikan NU

Kapal Perang Canggih dari Pabrikan Inggris Akan Dibangun di Indonesia

Jum'at, 17 September 2021 | 19:30 WIB
header img
Kapal perang canggih Inggris akan dibangun di Indonesia oleh PT PAL

JAKARTA, iNews.id - Kapal perang canggih dari pabrikan Inggris akan dibangun PT PAL di Indonesia. Kapal cepat itu bernama fregat Arrowhead 140 (AH140). Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri Pertahanan Inggris, RT Hon Ben Wallace MP telah menyaksikan penandatanganan perjanjian tersebut di London, Kamis, (16/9/2021). 

Kapal cepat itu telah dipakai Angkatan Laut Inggris. Berkat kerja sama bilateral, PT PAL mendapat lisensi dari perusahaan Inggris Babcock. Tipe kapal perang yang dibangun ini mengutamakan kecepatan dan kemampuan manuver. 

Pembuatan kapal tersebut akan dimulai pekan depan di Surabaya  dengan melibatkan tenaga dari Indonedia untuk menyesuaikan kebutuhan TNI AL.

BACA JUGA:

BUMN Ini Buka Lowongan Kerja 8 Posisi, Calon Potensial Berpeluang Jadi Karyawan Tetap

Sementara itu, Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins menyambut baik kabar baik ini. Dia mengatakan Indonesia dan Inggris memiliki hubungan pertahanan dan keamanan yang sangat baik. Nota Kesepahaman di antara dua negara itu melingkupi topik-topik mulai dari Siber hingga Pertahanan, Angkatan Laut dan Maritim. 

Menurut Owen, kedua negara mengadakan pertemuan rutin setiap dua tahun antara Angkatan Laut, Kunjungan Kapal dan Latihan Bersama, serta memiliki pelatihan bersama mengenai Keamanan Maritim.

 “Berbagi kapal baru yang sama adalah langkah lanjut yang memang seharusnya dilakukan. Kita tahu bahwa demi perdamaian, keamanan, dan perdagangan kita yang berkelanjutan. Kita perlu membela beberapa bagian tertua dari hukum Internasional - termasuk kebebasan laut dan kebebasan navigasi. 

Untuk melakukan itu dengan benar, kita perlu dilengkapi dengan peralatan yang baik. Saya sangat menantikan melihat rekan-rekan kami di Indonesia membangun kapal ini di dermaga Surabaya”,  ujar Owen, Jumat (17/9/2021).
 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut