get app
inews
Aa Read Next : Kritik Ridwan Kamil di Medsos, Guru di Cirebon Diberhentikan

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Cirebon Anggap Disdik Terlalu Lamban Tangani Kerusakan Sekolah

Jum'at, 17 September 2021 | 11:17 WIB
header img
Kondisi salah satu bangunan sekolah yang rubuh di Kabupaten Cirebon (Foto : Istimewa)

KABUPATEN CIREBON, iNews.id - Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Cirebon, Siska Karina meminta kepada Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Cirebon, untuk segera memperbaiki Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Diharapkan dengan perbaikan Dapodik, Dinas Pendidikan bisa lebih banyak lagi menerima anggaran yang bersumber dari APBN untuk melakukan perbaikan sekolah.

Dikatakan Siska bahwa persoalan perawatan dan perbaikan sekolah tidak akan cukup jika hanya mengandalkan APBD semata.

"Jadi Dinas Pendidikan seharusnya melakukan perbaikan Dapodik supaya bisa lebih banyak menyerap APBN guna melakukan perbaikan sekolah yang rusak dengan skala prioritas. Harapannya  tidak terulang kembali adanya bangunan sekolah yang rubuh," ujarnya kepada awak media, Kamis (16/9/2021).

Dikatakan Siska, sampai saat ini masih banyak bangunan sekolah yang mengalami kerusakan mulai dari ringan, sedang hingga berat.

"Dinas Pendidikan (Disdik) harus secara serius menangani kejadian ambruknya salah satu ruangan di SDN 2 Cangkoak," katanya.

Disdik menurut Siska, tidak belajar dari kasus sebelumnya yang dialami oleh SMPN 2 Plumbon yang beberapa tahun lalu ambruk akibat kelambatan Dinas Pendidikan memperbaiki kerusakan.

“Beberapa tahun lalu harusnya jadi tamparan buat Dinas Pendidikan karena lambat memperbaiki bangunan sampai akhirnya ambruk,” ungkap Siska.

Kejelasan data pun masih kata Siska, harus segera diperbaiki dalam usaha menginventarisir jumlah bangunan sekolah yang mengalami kerusakan ringan, sedang dan berat.

Hal itu dikatakannya agar dapat memprioritaskan perbaikan bagi sekolah yang mengalami kerusakan berat.

"Sampai sekarang aja kami (Komisi IV) belum mendapatkan data yang pasti dari hasil inventarisir kondisi bangunan sekolah dari Dinas Pendidikan,” tambahnya.

 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut