get app
inews
Aa Read Next : IAI Kabupaten Cirebon Edukasi Penggunaan Obat Selama Ramadhan

8 Fakta Virus Zika, Sasaran Utama Ibu Hamil dan Belum Ada Obatnya

Sabtu, 16 April 2022 | 17:09 WIB
header img
Ilustrasi Virus Zika. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA, iNews.id - Dunia kembali digemparkan dengan kehadiran mutasi dari Virus Zika. Pasalnya, dalam penelitian terbaru ditemukan bahwa virus ini mengalami mutasi, dan mungkin saja menjadi penyebab pandemi di masa depan.

Dalam penelitian tersebut, virus Zika yang bermutasi disebut lebih ganas dan bisa menginfeksi manusia sekalipun pernah kena infeksi sebelumnya ataupun demam berdarah.

Nah, untuk memahami virus ini lebih lanjut, Anda perlu tahu fakta-fakta mengenai virus Zika. Dilansir dari berbagai sumber, berikut 8 fakta virus Zika:

1. Muncul pertama kali di Brasil

Virus Zika pertama kali teridentifikasi di Brasil pada 2007. Lalu, virus ini menyebar ke banyak negara dan mencapai puncak kasusnya pada 2015 hingga 2016.

2. Ibu hamil jadi sasaran utamanya

Virus Zika banyak dilaporkan menginfeksi ibu hamil dan anak-anak. Ya, walau kelompok usia lain pun dilaporkan kasusnya, tapi paling banyak terjadi pada 2 kelompok tersebut.

3. Bila ibu hamil terinfeksi virus Zika, risiko bayi lahir cacat amat tinggi.

Cacat yang dialami bayi bisa berupa kondisi kepala bayi kecil dan perkembangan otak menjadi tidak maksimal.

Selain itu, jika virus Zika menginfeksi ibu hamil, risiko lain yang bisa terjadi adalah keguguran, bayi lahir mati, dan kelahiran prematur.

4. Menular paling umum lewat nyamuk

Peneliti mengungkapkan bahwa virus Zika paling umum menular lewat gigitan nyamuk. Tapi, beberapa kasus pasien Zika terinfeksi lewat kontak seksual.

Karena penyebarannya lewat nyamuk, infeksi antar manusia tidak begitu besar. Artinya, kemampuan virus Zika menginfeksi manusia tidak semasif Covid-19 yang menyebar lewat udara.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut