get app
inews
Aa Read Next : Uniknya Kampung Santri Benda Kerep Cirebon, Ada Pesantren Tertua hingga Larangan Pakai Elektronik

Misteri Sumur Keraton Kanoman Peninggalan Walisongo, Disebut Miliki Khasiat

Jum'at, 15 April 2022 | 19:15 WIB
header img
Mengenal misteri Sumur Keraton Kanoman (Foto: planterandforester)

Sumur Kejayaan terletak di bagian tengah kebun dan sumur masih alami dengan pengambil air dari ember yang diberi tali. Kedalaman sumur sekitar 2 meter dan sedikit lebih luas dan ada bagian untuk mandi. Menurut penjelasan guide, sumur di dipercaya bagi yang ingin punya hajat dan sukses.

Sumur Bandung terletak di sebelah kiri dari Sumur Kejayaan dan dilengkapi pompa air dan kran untuk mengambil air. Airnya segar dan tawar meskipun berada di tepi laut. Kedalaman juga sekitar 3 meter dengan bibir sumur yang lebih lebar.

Sumur Penganten berada paling pinggir dan di sebelah kiri sumur Bandung. Di bibir sumur seperti di sumur Witana, dihiasi dengan batu karang yang disusun rapi.

Menurut penjelasan guide, sumur tersebut dipercaya untuk mempermudah kaum perempuan untuk mendapatkan jodoh.

Sumur Langgar atau Keramat berada di dalam area langgar dan terletak di bagian belakang. Terdapat gentong dari tanah liat untuk berwudhu dan kamar mandi karena langgar ini biasanya penuh saat acara Keraton. Semua air dari sumur tersebut berasa tawar dan sedikit manis.

Dalam kepercayaan masyarakat Cirebon dan Pendatang, sumur-sumur ini sebagai bagian dari kebudayaan dipercaya memiliki khasiat dan khusus di Sumur Langgar, airnya dipergunakan untuk "memandikan" atau membersihkan benda pusaka Keraton.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut