get app
inews
Aa Read Next : Uniknya Kampung Santri Benda Kerep Cirebon, Ada Pesantren Tertua hingga Larangan Pakai Elektronik

Misteri Sumur Keraton Kanoman Peninggalan Walisongo, Disebut Miliki Khasiat

Jum'at, 15 April 2022 | 19:15 WIB
header img
Mengenal misteri Sumur Keraton Kanoman (Foto: planterandforester)

JAKARTA, iNews.id - Cirebon kaya akan destinasi wisata, dari mulai destinasi wisata alam hingga destinasi wisata religi yang menyimpan misteri, salah satunya adalah peninggalan keraton Kanoman.

Konon, di kelurahan tersebut, terdapat tujuh sumur keraton yang merupakan peninggalan walisongo. Sumur-sumur tersebut oleh masyarakat setempat dan pendatang dipercaya memiliki keutamaan dan fungsi sesuai dengan kemauan yang punya hajat.

Sumur-sumur ini berada di Kawasan Kebon Jimat yang merupakan tempat sakral dan tempat privasi untuk keluarga Keraton Kanoman Cirebon. Sumur tersebut terdiri atas Sumur Witana, Sumur Bandung, Sumur Penganten, dan Sumur Langgar.

Sumur Witana, terletak depan Bangsal Witana di sebelah kanan dari kebun Jimat dan terdapat bangunan seperti kolam yang dibuat dari batu karang. Bibir sumur dilapis dengan batu karang dan kedalamannya sekitar 2 meter.

Rasa air tidak asin walaupun berada di tepi laut dan menurut cerita pada saat Upacara Panjang Jimat, sumur ini penuh dengan pengunjung dari berbagai daerah. Air dari Sumur Witana dipergunakan juga untuk memenuhi kebutuhan air Keraton.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut