get app
inews
Aa Read Next : Ringkasan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Kota Cirebon Tahun 2023

Uniknya Kampung Santri Benda Kerep Cirebon, Ada Pesantren Tertua hingga Larangan Pakai Elektronik

Kamis, 17 November 2022 | 20:02 WIB
header img
Intip sisi unik Kampung Santri Benda Kerep Cirebon. Foto: tangkapan layar Youtube Kanal Koela

KOTA CIREBON, iNewsCirebon.id - Uniknya Kampung Santri Benda Kerep Cirebon, merupakan kampung peradaban yang ada di Cirebon. Di dalamnya terdapat pesantren tertua yang telah berusia ratusan tahun, selain itu warganya memiliki berbagai kebiasaan unik yang telah dilakukan turun temurun.

Kampung religi ini berada pada bentangan tanah dataran tinggi seluas 33 hektar yang dilingkari sebuah sungai. Letaknya berada di Kelurahan Argasunya, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon Jawa Barat. 

Suasana di tempat ini masih asri dengan udara yang segar, hal ini terjaga karena adanya larangan membawa kendaraan bermotor atau sepeda ke Kampung Benda Kerep.

Akses masuk ke Kampung Benda Kerep hanya bisa dilakukan berjalan kaki dan kendaraan tidak diijinkan untuk masuk ke kampung satu ini. Uniknya, akses masuk ke Kampung Benda Kerep ini hanya bisa melalui sebuah sungai yang dibuat berundak-undak sebagai pijakan untuk menyebrangi sungai. Anehnya lagi, pihak Kampung Benda Kerep sengaja tidak membangun jembatan. 

Melansir dari Kanal Youtube Wisata Religi, Kamis (17/11/2022), menjelaskan adanya larangan membangun jembatan sesuai wasiat KH Maulana Muhammad Soleh atau dikenal dengan Mbah Soleh, sosok pendiri perkampungan sekaligus pesantren Benda Kerep.

"Kalau dibangun jembatan tidak boleh karena ini wasiat Mbah Soleh,yaitu sosok pendiri perkampungan Benda Kerep. Saya tidak tahu alasannya apa, kalau sesepuh bicara dan memberikan wasiat tentu ada tujuannya, ada yang dirahasiakan juga," ungkap KH Muhammad Miftah, seorang tokoh Agama di Kampung Benda Kerep.

Selain akses tersebut, Kiai Miftah juga mengungkapkan ada akses alternatif lainnya. Pihaknya dan pemerintah membangun sebuah jembatan yang difungsikan jika terjadi bencana alam. 

Ia juga menceritakan bahwa Mbah Soleh merupakan sosok pejuang kemerdekaan Indonesia dengan cara menyiarkan agama Islam dan melawan kezaliman penjajah Belanda. Selain itu Mbah Soleh jugalah yang membangun pesantren di kampung ini. 

Tanah hutan Cimeuweuh yang digunakan membangun Kampung Benda Kerep merupakan pemberian Keraton Kanoman Cirebon. 

Pada tahun 1826, Mbah Soleh dan Mang Anwarudin Kriyan yang dikenal dengan Mbah Kriyan yang merupakan kerabat Sunan Gunung Jati membangun sebuah pesantren yang bertujuan untuk siyar Islam pada waktu jaman dulu. 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut