get app
inews
Aa
Read Next : Pilkada Kota Cirebon, Bos Media Suhendrik Resmi Daftar Bacalon Walikota Cirebon dari PDI Perjuangan

Berdesain Minangkabau, Masjid At Taufiq yang Dibangun Puan Maharani Punya Makna Khusus

Jum'at, 08 April 2022 | 13:33 WIB
header img
Masjid At Taufiq dengan desain minangkabau.(Foto:Ist)

JAKARTA, iNews.id - Warga yang tinggal di depan Sekolah Partai DPP PDI Perjuangan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, bisa beribadah dengan tenang dan nyaman. Pasalnya, di sana berdiri Masjid At Taufiq yang megah.

Usut punya usut, ternyata pendirian masjid itu diinisiasi oleh Ketua DPP PDIP Puan Maharani sebagai hadiah bagi almarhum ayahnya, Taufiq Kiemas. 

Desain Masjid At Taufiq berbeda dari bentuk masjid pada umumnya. Biasanya, masjid di Indonesia memiliki kubah dengan berbagai macam bentuk dan ukuran.

Namun Masjid At Taufiq tidak mengikuti gaya desain Timur Tengah itu dan lebih memilih mengusung desain khas Nusantara. 

Jadi, masjid ini menggabungkan nilai-nilai dan gaya desain banyak daerah dari seluruh Indonesia. Hal yang paling mencolok dari Masjid At Taufiq adalah bagian atapnya yang lebih mirip dengan bangunan rumah gadang, rumah adat khas Minangkabau

Tokoh Muda Ranah Minang yang juga Sekjen Garda Demokrasi 98, Azwar Furqudyama, mengapresiasi desain Masjid At Taufiq yang bergaya minang tersebut. 

Ia pun meyakini pemilihan desain itu bukan tanpa alasan. Desain menyerupai rumah gadang itu dipilih karena almarhum Taufiq Kiemas dan istrinya Megawati Soekarnoputri memang masih memiliki garis keturunan Minangkabau. Garis keturunan Minangkabau Megawati berasal dari ibunya, Fatmawati.

"Meskipun dilahirkan di Bengkulu, Fatmawati adalah anak kandung Siti Chadijah dan Hasan Din, yang berasal dari desa Inderapura di Pesisir Selatan, Sumatera Barat," kata Azwar, Jumat (8/4/2022).

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut