get app
inews
Aa Read Next : Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah di Solo, Puan Maharani Diburu Masyarakat

Ada Kisah di Balik Pembangunan Masjid At Taufiq, Begini Cerita Ketua DPR Puan Maharani  

Minggu, 03 April 2022 | 21:18 WIB
header img
Ketua DPR RI Puan Maharani bercerita tentang kisah di balik pembangunan Masjid At Taufiq.(Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Ada kisah di balik pembangunan Masjid At Taufiq. Kisah itu disampaikan Ketua DPR RI, Puan Maharani.  Menurut Puan, pembangunan Masjid At Taufiq dia gagas sebagai bentuk mengenang almarhum ayahnya, Taufiq Kiemas.

"Saya sampaikan kepada ibu, ini di depan kantor khan biasanya untuk parkir dan bazaar. Saya usulkan, kenapa tidak dibangun saja masjid di sini," kata Puan dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Sabtu (2/4/2022).

Selain mengenang almarhum ayahnya, Taufiq Kiemas, masjid itu juga dibangun agar umat muslim di sekitar lokasi bisa memiliki tambahan tempat ibadah yang representatif. 

Megawati dan Puan kata dia memang sejak dulu menaruh perhatian pada umat islam. Hal itu bisa dilihat, salah satunya dari pembangunan Masjid At Taufiq.
 
Masjid itu dibangun tepat di Kantor DPP PDI-Perjuangan, di Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Peletakan batu pertama atau groundbreaking sebagai tanda dimulainya pembangunan Masjid At Taufiq dilakukan pada 8 Juni 2018 lalu, bertepatan dengan lima tahun wafatnya almarhum Taufiq Kiemas.
 
Puan menyatakan pembangunan masjid itu merupakan inisiatifnya. Beberapa waktu setelah Taufiq Kiemas meninggal dunia, Puan menyampaikan idenya itu kepada sang ibu, Megawati Soekarnoputri.
 
Megawati pun menurut dia langsung menyetujuinya. Puan akhirnya mengeksekusi pembangunan masjid itu dengan harapan tak hanya menjadi sekedar tempat ibadah, namun juga bisa digunakan untuk berbagai kegiatan sosial.

"Karena sekarang ini, musala (di sekitar lokasi) tidak cukup menampung. Juga misalnya ketika shalat Id, saya melihat belum representatif. Makanya ini saya sampaikan kepada Ibu Mega, waktu saya sampaikan, Ibu Mega bilang: Ya sudah, kamu yang urus," katanya saat itu.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut