Logo Network
Network

Walikota Cirebon Nashrudin Azis Tinggalkan Demokrat ke PDI Perjuangan, Berikut Fakta-faktanya

Riant Subekti
.
Kamis, 12 Januari 2023 | 10:34 WIB
Walikota Cirebon Nashrudin Azis Tinggalkan Demokrat ke PDI Perjuangan, Berikut Fakta-faktanya
Walikota Cirebon Nasrudin Azis ( Berpeci Hitam) Menggunakan Atribut PDI Perjuangan. Foto : Istimewa

KOTA CIREBON, iNewsCirebon.id - Wali Kota Cirebon, 2 Periode dari Partai Demokrat, Nashrudin Azis pindah haluan ke PDI Perjuangan, sontak kabar tersebut sempat mengejutkan publik.

Azis saat itu terlihat menghadiri HUT PDIP ke-50 di Jakarta, dengan menggunakan atribut jas merah dengan logo kader banteng moncong putih tersebut dan didampingi sejumlah pengurus PDI Perjuangan Kota Cirebon,pada Selasa (10/1/2023).

Berikut Fakta- fakta yang berhasil dirangkum iNews Cirebon atas perpindahan Wali kota Cirebon dari Partai Demokrat ke PDI Perjuangan. 

• Meski tidak secara gamblang akan loncat kendaraan partainya, namun Azis sebelum nya sudah memberikan kode-kode bakal hengkang dari Partai Demokrat. 

Kode-kode ini sudah ditunjukkan, di antaranya kepada awak media saat berkumpul di rumah dinas wali kota pada Rabu (28/1/2022).

Saat itu Azis mengatakan akan maju ke DPR RI pada Pileg 2024, namun belum tahu dari partai apa, padahal dia adalah bagian dari Partai Demokrat.

• Partai Demokrat sudah merasakan tanda-tanda Azis akan Hengkang saat kedatangan SBY ke Kota Cirebon. 

Sekretaris Partai Demokrat Jawa Barat, M Handarujati Kalamullah mengatakan, pihaknya sempat berkomunikasi dengan Azis saat SBY akan datang ke Cirebon belum lama ini. Kepada Handarujati, Azis mengungkapkan akan datang ke acara SBY, namun tidak datang. Menurut Handarujati, hal itu kemungkinan pertanda jika Azis memang bakal keluar dari Partai Demokrat.

• Azis mengajukan surat pengunduran diri dari Partai Demokrat pada 6 Januari 2023

Surat tersebut kemudian diterima oleh Sekretaris Partai Demokrat Jawa Barat, Handarujati Kalamullah, pada 8 Januari 2023. Azis tidak langsung memberikan surat tersebut, melainkan melalui orang kepercayaannya. Hingga saat ini, jajaran Partai Demokrat belum bertemu dengan Azis.

• PDIP sudah memberikan KTA untuk Azis

 

• Baik Azis maupun Partai Demokrat menepis ada konflik

Nashrudin Azis membantah ada konflik dengan Partai Demokrat, ia pun memastikan tidak ada konflik tersebut dengan mengungkapkan jika sahabat-sahabatnya banyak yang berada di Partai Demokrat. Handarujati Kalamullah pun sama, ia membantah ada konflik internal di antara kader Partai Demokrat dengan Azis.

• Rencananya dalam waktu dekat pihak Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan akan memberikan keterangan resmi atas perpindahan Nasrudin Azis dari Partai Demokrat dan bergabung menjadi Kader PDI Perjuangan.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.