get app
inews
Aa Read Next : Berikut Deteksi Kesehatan Pencernaan Anda Melalui Bau Kentut

Grup RS Siloam Gelar Simposium Medis Advancing Patient Care Through Minimal Invasive Techniques

Selasa, 05 Maret 2024 | 13:48 WIB
header img
Grup RS Siloam menyelenggarakan simposium medis bertajuk Advancing Patient Care Through Minimal Invasive Techniques" di Cirebon, Selasa, 5 Maret 2024. Foto: Ist

CIREBON, iNewsCirebon.id -  Bagaimana sebenarnya perkembangan terbaru dalam teknik bedah minimal invasif, terutama dalam bidang urologi dan saluran pencernaan.Hal perlu diketahui bagi kalangan kedokteran termasuk tenaga medis lainnya, pun publik perlu juga kiranya mengetahui tentang hal ini.

Untuk itulah Grup Rumah Sakit (RS) Siloam mengadakan Simposium Medis dengan tema "Meningkatkan Pelayanan Pasien melalui Teknik Minimal Invasif" di Cirebon pada 5 Maret 2024. Kegiatan dihadiri oleh lebih dari 75 spesialis, dokter, dan tenaga medis lainnya.

Dari data Kementerian Kesehatan, kasus penyakit urologi seperti gagal ginjal dan batu saluran kemih semakin meningkat setiap tahunnya. Data Riset Kesehatan Dasar Nasional (Riskesdas) tahun 2020 menunjukkan bahwa prevalensi gagal ginjal di Indonesia mencapai 3,8% atau sekitar 739.208 jiwa. Sementara itu, prevalensi penyakit batu ginjal di Indonesia sekitar 0,6% atau 6 per 1000 penduduk.

Sedangka Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tahun 2019 menunjukkan bahwa masalah saluran pencernaan seperti batu empedu, penyakit hati berlemak, obesitas, sirosis hati, asam lambung, dan diare termasuk dalam 10 penyebab kematian tertinggi di Indonesia, dengan tingkat fatalitas sekitar 80 kasus per 100 ribu penduduk.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut