Logo Network
Network

Berikut Deteksi Kesehatan Pencernaan Anda Melalui Bau Kentut

MNC Media
.
Selasa, 20 September 2022 | 14:03 WIB
Berikut Deteksi Kesehatan Pencernaan Anda Melalui Bau Kentut
Waspadai Bau Kentut Dalam Tubuh, Petanda Ada Masalah Pencernaan ( Foto : Istimewa)

JAKARTA, iNewsCirebon.id - Buang angin merupakan kegiatan yang sangat umum dilakukan. Biasanya itu terjadi karena gas menumpuk di dalam saluran pencernaan dan kentut menjadi salah satu cara untuk membuang gas.

Kentut juga bisa berbunyi kencang atau bahkan tidak berbunyi sama sekali.

Namun yang perlu diwaspadai adalah bau dari kentut itu sendiri. Sebab itu merupakan salah satu tanda tubuh terutama bagian pencernaan sedang mengalami masalah. Kentut baik berbau maupun tidak berbau sebenarnya tergolong normal. Hanya saja jika baunya sudah tidak terkontrol sebaiknya segera cari tahu penyebabnya.

Berikut 4 masalah tubuh yang disampaikan melalui bau kentut dirangkum dari berbagai sumber:

1. Masalah Pencernaan

Segala sesuatu yang Anda telan dan teguk berakhir di usus Anda, di mana ia dipecah saat dicerna. Proses ini menciptakan hidrogen, karbon dioksida, metana, dan gas lain yang memicu perut kembung

Ketidakmampuan tubuh dalam mencerna lakotas atau gluten menjadi salah satu penyebab kentut berlebih berlebih dan berbau busuk. Makan atau minuman yang mengandung laktosa dan gluten masuk kedalam kedalam tubuh dan mengendap disaluran pencernaan hingga menghasilkan gas.

2. Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Tinggi Sulfur

Gas yang terbentuk selama proses pencernaan Anda bisa menjadi hasil yang sehat dari diet bergizi yang sarat dengan makanan kaya serat. Namun, pencernaan terkadang menghasilkan hidrogen sulfida, yang dapat menambahkan bau pada kentut anda.

Untuk mengantisipasi sebaiknya dibatasi konsumsi makanan yang menjadi penyebab kentut berbau busuk

3.Mengalami Masalah Sembelit

Sembelit menjadi salah satu penyebab bau pada kentut. Ketika sembelit, feses dari sisa pencernaan tertahan di usus besar. Bakteri pada feses yang tidak segera keluar akan berkembang dengan cepat menyebabkan bau busuk.

4.Penyakit Radang Usus

Aroma tidak sedap dari kentut bisa menjadi tanda bahwa usus mengalami peradangan atau irritable bowel syndrome (IBS). Radang usus bisa disebabkan karena virus, bakteri atau alergi terhadap makan.

Itulah setidaknya 4 masalah tubuh yang disampaikan melalui bau kentut. Jika merasa ora,m tidak sedap dari buang angin yang dikeluarkan sudah tidak normal, segeralah hubungi dokter.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News

Bagikan Artikel Ini