get app
inews
Aa Read Next : Dugaan Kecurangan Pemilu 2024, Aktivis Barak : Tunggu Hasil Resmi KPU

Jaga Alam Tetap Lestari, Usai Pelantikan Anggota KPPS Desa Babadan Tanam Bibit Pohon

Kamis, 25 Januari 2024 | 14:23 WIB
header img
Ketua PPS Kelurahan/Desa Babadan, Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon, Edi Ruhaedi saat mengambil sumpah terhadap 84 Anggota KPPS. Foto : Riant Subekti/iNewsCirebon

KABUPATEN CIREBON, iNewsCirebon.id - Pelantikan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kelurahan/Desa Babadan,Kecamatan Gunungjati,Kabupaten Cirebon, diwarnai aksi penanaman bibit pohon. 


Anggota KPPS Terlantik Wajib Sedekah Pohon Sebagai Pengganti Penggunaan Kertas
 

Hal tersebut sebagai simbol mengganti kertas untuk logistik Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Babadan, Edi Ruhaedi menyampaikan masing-masing anggota KPPS wajib menanam pohon. Dengan demikian total ada ratusan pohon yang ditanam dengan berbagai jenis. 

Lokasi penanaman sendiri dilakukan di lokasi strategis yang sudah ditentukan pihak PPS, dan dilaksanakan usai pelantikan anggota KPPS. 

" Penamaan pohon ini dengan maksud kedepan untuk peghijauan dan sebagai pengganti jutaan pohon yang ditebang untuk bahan baku kertas, Pemilu 2024 ini kan ada surat suara, ada formulir juga yang semuanya bahannya dari kertas, nah kertas itu dari pohon. Ada jutaan pohon yang ditebang demi kebutuhan Pemilu,”ujar Edi, usai melantik 84 anggota KPPS, pada Kamis (25/1/2024). 

Pelantikan sendiri dilaksanakan di halaman Balaidesa setempat, dan dihadiri sejumlah unsur PPK, PPS dan Panwascam Gunungjati, Agenda pelantikan Anggota KPPS tersebut juga digelar serentak se-Kabupaten Cirebon. 

Edi mengatakan dari 84 Anggota KPPS terlantik nantinya akan mendapat Bimbingan Teknis (Bimtek). 

" Setelah pelantikan digelar,anggota KPPS akan mendapatkan bimbingan teknis serentak, Materi yang disampaikan mulai dari prapemilihan, hasil penghitungan suara, dan penggunaan aplikasi Sirekap yang digunakan untuk rekapitulasi perolehan suara" jelas Edi.

" dengan Anggota KPPS mengikuti bimtek tersebut diharapkan bisa menguasai materi tentang apa yang akan dilaksanakan di TPS, sehingga bisa meminimalisir kesalahan" tukasnya.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut