get app
inews
Aa Read Next : Profil Lengkap Anwar Iskandar, Ketua Umum MUI Baru Gantikan Miftachul Akhyar

Ajak Sholat Idul Adha Dirumah, MUI: Jaga Kesehatan Wajib

Selasa, 20 Juli 2021 | 07:37 WIB
header img
Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah, M Cholil Nafis menegaskan haram hukumnya menggelar salat berkerumun yang mengakibatkan tertular covid-19. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Umat Islam di Indonesia merayakan Idul Adha 1442 Hijriah pada hari ini, Selasa (20/7/2021). Majelis Ulama Indonesia (MUI) pun mengajak masyarakat untuk melaksanakan Salat Id di rumah masing-masing karena penularan covid-19 masih tinggi.

Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah, M Cholil Nafis menegaskan haram hukumnya menggelar salat berkerumun yang mengakibatkan tertular covid-19. Dia juga menjelaskan salat Idul Adha merupakan ibadah sunah, jika tetap dilaksanakan di masjid berpotensi menularkan virus tersebut. 

"Tentu tidak baik melaksanakan yang sunah tapi melanggar yang wajib, haram," katanya, Selasa (20/7/2021).

Dia menyebut menjaga kesehatan pribadi dan keluarga merupakan hal wajib yang harus dilakukan. Oleh sebab itu, jika tetap menjalankan ibadah salat yang mengakibatkan kesehatan menurun maka hal itu termasuk yang diharamkan. 

"Karena kita wajib memelihara kesehatan kita. Kalau kita berkerumunan ada dugaan tertular dan itu diharamkan," tuturnya.

 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut