get app
inews
Aa Read Next : Kiai Adib Dukung Penonaktifan Pengurus PBNU yang Terlibat Politik

Profil Lengkap Anwar Iskandar, Ketua Umum MUI Baru Gantikan Miftachul Akhyar

Selasa, 15 Agustus 2023 | 18:59 WIB
header img
Profil KH Anwar Iskandar yang ditetapkan sebagai Ketua Umum MUI. Foto: Okezone

JAKARTA, iNewsCirebon.id - Inilah Profil lengkap KH. Anwar Iskandar yang telah ditetapkan sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) menggantikan Miftachul Akhyar yang mengundurkan diri pada 2022 lalu.

Mengenai keputusan ini tertuang dalam rapat Hasil Pleno MUI yang digelar di Hotel Bidakara Jakarta, Selasa (15/8/2023).

"Rapat Pleno menetapkan bapak KH Anwar Iskandar sebagai Ketua Umum MUI menggantikan KH Miftachul Akhyar yang mengundurkan diri," terang Ketua Panitia Rapat Pleno MUI Rofiqul Umam Ahmad sebagaimana tertuang di laman resmi MUI.

Rofiq juga menyampaikan penetapan rapat pleno tersebut nantinya akan dibawa ke Rapat Paripurna MUI.

Profil KH Anwar Iskandar

Seperti diketahui bersama Anwar dikenal sebagai kiai senior Nahdlatul Ulama (NU), dilahirkan di Desa Berasan, Kecamatan Muncar, Banyuwangi pada tanggal 24 April 1950. Ayahnya bernama KH. Iskandar (Askandar), pendiri dan pengasuh pondok pesantren “Mambaul Ulum” Berasan, Muncar, Banyuwangi, Jawa Timur.

Selain itu, Ia juga merupakan pengasuh Pesantren Al-Amien Kota Kediri.

Anwar Iskandar begitu gigih menimba ilmu agama Islam dari pesantren yang satu ke pesantren yang lain. Ia pernah menimba ilmu di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, Jawa Timur, Pondok Al-Falah, Sarang, Rembang, hingga Pondok Minggen, Demak, Jawa Tengah.

Tahun 1970, dirinya telah menyelesaikan program sarjana lengkap di IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan mengambil Fakultas Adab Jurusan Sastra Arab.

Pada tahun 1992 ia menjabat ketua Rais Syuriyah NU cabang kota Kediri. Lalu pada tahun 1997 diangkat menjadi wakil ketua Rais Syuriyah NU wilayah Jawa Timur. Kini, ia masih menjabat sebagai Wakil Rais Aam PBNU periode 2022-2027.

Selain di PBNU, Anwar juga aktif di MUI yang sebelumnya pernah menjadi Ketum MUI, Anwar tercatat sebagai salah satu Wakil Ketua Dewan Pertimbangan (Wantim) MUI 2020-2025.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut