get app
inews
Aa Read Next : 5 Wisata Budaya di Gegesik Kulon, Melestarikan Budaya Sambil Berwisata

8 Fakta Unik Kampung Cireundeu yang Masih Mempertahankan Adat dan Budaya

Jum'at, 10 November 2023 | 14:51 WIB
header img
Kampung Cireundeu termasuk salah satu kampung yang masih mempertahankan adat dan budaya hingga sekarang. Foto: Ist

CIREBON, iNewsCirebon.id - Fakta unik Kampung Cireundeu yang merupakan salah satu kampung yang terletak di sebuah lembah yang diapit Gunung Kunci, Gunung Cimenteng, dan Gunung Gajah Langu. Secara administratif berada di wilayah Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat.

Kampung Cireundeu termasuk salah satu kampung yang masih mempertahankan adat dan budaya hingga sekarang. Kampung Adat Cireundeu memiliki luas sekitar luas 64 hektar, untuk pemukiman 4 hektar dan yang 60 hektar untuk pertanian. 

Salah satu keunikan dan daya tarik utama di sini adalah masyarakatnya, secara turun temurun, masih konsisten meyakini dan menjalankan ajaran kepercayaannya.

Fakta Unik Kampung Cireundeu 

1.Sejarah Cireundeu 

Pohon Rendeu, dari nama pohon inilah nama kampung ini berasal. Terdapat banyak pohon  Rendeu yang tumbuh di kampung ini. Adapun khasiat dari Pohon Rendeu biasanya digunakan oleh warga sebagai bahan obat herbal.

Sebelum dikenal sebagai kampung adat, Cireundeu dulunya adalah tempat pembuangan sampah warga Cimahi. Baru di tahun 2007 Cireundeu mulai dikenal sebagai kampung adat. Kampung Adat Cireundeu dikelola oleh RT dan RW yang merupakan tingkatan tertinggi di wilayah Cirendeu. 

Sedangkan secara tradisional Cireundeu memiliki orang yang ‘dituakan’, disebut dengan Sesepuh. Kini Sesepuh Cireundeu sudah mencapai generasi ke-5.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut