get app
inews
Aa Read Next : Sharing dengan Ridwan Kamil, Suhendrik Optimistis Kota Cirebon Bisa Semaju Kota Bandung

Mitos Batu Lawang Cirebon, Kisah Sunan Bonang Mengeluarkan Ular Welang di Tubuh Nyi Mas Gandasari

Senin, 23 Oktober 2023 | 16:46 WIB
header img
Mitos Batu Lawang Cirebon. Foto: Ist

CIREBON, CirebonINews - Mitos Batu Lawang Cirebon masih belum banyak menghetahui misteri di balik keindahannya. Destinasi wisata yang cukup populer ini berlokasi di Desa Cupang, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon.

Batu Lawang memiliki keindahan alam yang sangat indah, tebing-tebing yang tinggi, hutan disekitar yang lebat, dan juga air terjun yang mengalir deras. Ketinggian Batu Lawang sekitar 100 meter. 

Tebing Batu Lawang terbentuk secara alami akibat erosi. Memiliki suasana sejuk nan asri karena dihiasi dengan tanaman hijau. Air terjun yang mengalir deras di Batu Lawang sangatlah jernih dan sudah pasti dapat menyegarkan tubuh saat berenang atau main air.

Batu Lawang juga menyediakan camping ground untuk mendirikan tenda di area yang telah disediakan pihak pengelola. Namun dibalik banyaknya keindahan yang dimiliki, Batu Lawang menyimpan mitos yang belum banyak dieketahui.

Mitos Batu Lawang Cirebon

Batu Lawang dan sekitarnya menyimpan beragam cerita mistis dibalik kemegahannya. Karena memiliki sejumlah kisah tentang perjuangan Wali Songo dalam menyebarkan Islam, khususnya Sunan Bonang. Konon Gunung Jaya merupakan salah satu tempat suci.

Dekat Batu Lawang, di kaki Gunung Jaya, terdapat petilasan (tempat) Sunan Bonang. Petilasan dikelilingi oleh aura yang sangat misterius. Ketika Sunan Gunung Jati dan Sunan Bonang berangkat membawa Islam ke Selatan, cerita pun dimulai. 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut