Logo Network
Network

Mitos Batu Lawang Cirebon, Kisah Sunan Bonang Mengeluarkan Ular Welang di Tubuh Nyi Mas Gandasari

Denis Anugrah/Mg5
.
Senin, 23 Oktober 2023 | 16:46 WIB
Mitos Batu Lawang Cirebon, Kisah Sunan Bonang Mengeluarkan Ular Welang di Tubuh Nyi Mas Gandasari
Mitos Batu Lawang Cirebon. Foto: Ist

Rombongan berhenti untuk bersantai sesampainya di Gunung Jaya. Tanpa diduga, Nyi Mas Gandasari mengikuti rombongan tersebut dan meminta bantuan Sunan Gunung Jati untuk menyembuhkannya. Persoalan yang dihadapi Nyi Mas Gandasari adalah setiap saat menikah, lalu tak lama suaminya meninggal.

Sunan Bonang kemudian mengeluarkan seekor ular welang dari tubuh Nyi Mas Gandasari untuk menyembuhkannya. Kesembuhan Nyi Mas Gandasari dirayakan dengan “pernikahan batin” berupa penguburan tongkat Sunan Bonang dan ular welang Nyi Mas Gandasari. 

Di lokasi pembangunan, kedua cungkup makam masih terlihat. Belakangan, Nyi Mas Gandasari berguru pada Sunan Gunung Jati dan naik menjadi salah satu panglima perangnya. 

Tidak ada seorang pun yang mampu menahan kemampuan super Nyi Mas Gandasari yang sudah terkenal.

Syekh Magelung Sakti (Pangeran Soka) berhasil mengalahkan Nyi Mas Gandasari dalam sayembara memilih jodoh. Sunan Gunung Jati kemudian melamar keduanya, dan mereka kemudian menikah.

Hadirnya Sumur Kemuliaan di puncak Gunung Jaya semakin menambah ciri khas lainnya, namun untuk mendaki Gunung Jaya harus menempuh ketinggian 700 meter. Terdapat sebuah sumur kering di puncak Gunung Jaya, Sumur tersebut selalu dalam keadaan kering. 

Oleh karena itu, bagi siapa saja yang menemukan air di sumur tersebut, maka dianggap sebagai tanda bahwa semua keinginan akan terkabul. Namun tak bisa dipungkiri puncak Gunung Jaya menawarkan panorama yang menakjubkan, walaupun memiliki mitos dan kisah mistis didalamnya.

Nah, itu dia Mitos Batu Lawang Cirebon dibalik keindahannya, jadi kapan berkunjung kesini?
 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Cirebon di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini