get app
inews
Aa Read Next : bjbPreneur on Campus Universitas Swadaya Gunung Jati, Bongkar AI untuk Bisnis Masa Depan

Tempuh Gelar S1 Lebih Singkat di UGJ, Simak Penjelasanya Disini

Senin, 10 April 2023 | 12:47 WIB
header img
Rektor UGJ Mukarto Siswoyo Memaparkan Program UGJ Kepada Sejumlah Media. Foton : Riant Subekti

KOTA CIREBON, iNewsCirebon.id - Gelar sarjana umumnya diraih dalam waktu 5 tahun. Namun di Universitas Gunung Jati, gelar sarjana bisa ditempuh dalam waktu 2 tahun atau hanya 4 semester.

Adalah metode Recognisi Pembelajaran Lampau (RPL) yang dijalankan agar mahasiswa bisa meraih gelar sarjana dalam waktu 2 tahun.

"Ini rujukannya adalah Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nomor 41 tahun 2021 tentang Recognisi Pembelajaran Lampau. Intinya pemerintah memberikan kesempatan kepada publik untuk mendapatkan gelar Sarjana yang mungkin pada waktu lampau belum berkesempatan atau terhenti dalam menempuh pendidikan ini," ujar Rektor UGJ Mukarto Siswoyo,baru baru ini. 

Ia menjelaskan, dalam RPL untuk mendapat gelar S1 mahasiswa bisa menempuh pendidikan lebih singkat karena masa kerja, pengalaman magang, pengalaman pelatihan yang dilengkapi ijazah, atau menjadi narasumber akan menjadi rujukan dalam masa pendidikan.

"Portofolio itu akan dikonversi ke SKS yang akan ditempuh. Jadi, kalau Sarjana itu 140 SKS hasil recognisi ini 90 SKS maka, yang ditempuh hanya sisanya saja atau 40 SKS artinya untuk mendapat gelar Sarjana hanya menempuh selama 4 semester saja," ungkapnya.

Ia melanjutkan, program RPL di UGJ Cirebon hanya berlaku bagi mahasiswa yang sudah pernah menempuh pendidikan namun berhenti di tengah jalan, dan mereka yang sudah bekerja baik di instansi pemerintah maupun swasta.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut