get app
inews
Aa Read Next : Biografi KH Abdul Chalim Leuwimunding: Demi RI Merdeka, Jalan Kaki 14 Hari ke Surabaya Dirikan NU

Peramal Gempa Turki Prediksi Gempa Dahsyat M8 di Dunia pada Bulan Maret, Indonesia Kena Juga?

Minggu, 05 Maret 2023 | 07:20 WIB
header img
Frank Hoogerbeets prediksi bakal terjadi gempa dahsyat di atas magnitudo 8 di dunia pada bulan Maret. Foto: Twitter

AMSTERDAM, iNewsCirebon.id - Peramal gempa Turki yakni Seismolog Belanda Frank Hoogerbeets memprediksi bakal terjadi gempa bumi dahsyat di dunia pada bulan Maret, termasuk Indonesia.

Nama Frank Hoogerbeets ramai dibicarakan terutama sejak gempa Turki pada 6 Februari lalu. Tiga hari sebelum gempa bermagnitudo 7,8 dan 7,7 itu mengguncang Turki, dia mengunggah pesan di Twitter akan ada gempa dahsyat di Turki, Suriah, dan beberapa negara sekitarnya.

Kali ini melalui video YouTubenya, Hoogerbeets memperingatkan gempa dahsyat itu bisa terjadi pada awal Maret berdasarkan pergerakan benda langit.

“Konvergensi geometri planet kritis sekitar 2 dan 5 Maret dapat mengakibatkan aktivitas seismik besar hingga sangat besar, bahkan mungkin gempa dorongan besar sekitar 3 dan 4 Maret dan/atau 6 dan 7 Maret,” demikian penjelasan dalam video tersebut seperti yang dikutip iNews.id, Minggu (5/3/2023).

Ilmuwan yang bekerja untuk Solar System Geometry Survey (SSGEOS) itu memperkirakan kekuatan gempa bisa melebihi magnitudo 8. 

Adapun daerah yang berpotensi terdampak gempa membentang sejauh ribuan kilometer, yakni dari Semenanjung Kamchatka dan Kepulauan Kuril di Timur Jauh Rusia, hingga ke Filipina dan Indonesia.

“Saya tidak melebih-lebihkan. Saya bukan ingin membuat ketakutan. Ini peringatan,” katanya.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut