get app
inews
Aa Read Next : Pemkot Cirebon Gelar Pasar Murah, Harga Beras Premium Rp. 14 Ribu/Kilogram

10 Negara Penghasil Beras Terbesar di Dunia, Asia Jadi Lumbung

Jum'at, 30 Desember 2022 | 08:44 WIB
header img
10 negara penghasil beras terbesar di dunia, Asia jadi lumbung. (Foto: MPI)

JAKARTA, iNewsCirebon.id 10 negara penghasil beras terbesar di dunia, Asia jadi lumbung. Beras menjadi salah satu makanan pokok sebagian besar masyarakat dunia, khusunya untuk penduduk ada di kawasan Asia. 

Beras juga merupakan salah satu tanaman pertanian terbesar ke-3 yang diproduksi di dunia, setelah jagung dan tebu. Negara penghasil beras terbesar di dunia akan dibahas pada artikel ini.

Beras yang berasal dari olahan padi yang sudah dipanen. Padi yang sudah dipanen itu kemudian akan mengalami beberapa tahap pasca panen seperti perontokan, pengeringan, penggilingan, hingga akhirnya menjadi beras yang siap dimasak dan dikonsumsi oleh manusia.

Lebih dari 3,5 miliar populasi dunia menganggap beras sebagai makanan utama mereka yang berarti setidaknya setengah dari warga dunia rutin mengkonsumsi beras. Negara kawasan Asia menjadi negara yang mendominasi produsen beras secara global, termasuk Indonesia.

Lantas negara apa saja yang menjadi penghasil beras terbesar di dunia?. Dikutip dari berbagai sumber, Jumat (30/12/2022) berikut negara penghasil beras terbesar di dunia.

Negara penghasil beras terbesar di dunia:

10. Brasil

Brazil menjadi satu-satunya negara di luar Asia yang masuk 10 besar penghasil beras terbesar dunia. Negara Amerika Latin itu pada periode 2020/2021 menghasilkan 8 juta ton beras, setara dengan 2 persen dari jumlah beras di periode itu.

9. Pakistan

Pakistan menghasilkan hampir 11.174.700 ton beras pada 2017. Wilayah Punjab memiliki produksi beras paling banyak dibandingkan dengan provinsi lain di Pakistan. Orang-orang benua ini termasuk India, Bangladesh dan Pakistan suka makan nasi setiap hari.

8. Filipina 

Negara Asia lainnya yang menajdi penghasil beras adalah Filipina. Filipina tercatat memproduksi beras sebesar 12,42 juta MT. Pada 2021/2022, United States Department of Agriculture (USDA) memperkirakan produksi beras secara global mencapai 512,86 juta MT.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut