get app
inews
Aa Read Next : Peringatan HPN ke -78 Tingkat Kota Cirebon, Pers Siap Berkolaborasi dengan Pemkot Bangun Daerah

Pemkot Cirebon Gelar Pasar Murah, Harga Beras Premium Rp. 14 Ribu/Kilogram

Rabu, 21 Februari 2024 | 20:24 WIB
header img
Pj. Walikota Cirebon, Agus Mulyadi saat meninjau Gerakan Pasar Murah di Lapangan Kesambi Dalam. Foto : Riant Subekti

KOTA CIREBON, iNewsCirebon.id - Pemrintah Kota Cirebon membuka Gerakan Pangan Murah (GPM) di Lapangan Kesambi Dalam, Drajat, Kesambi, Rabu (21/2/2024).

GPM digelar melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Cirebon dalam rangka stabilisasi pasokan dan harga pangan. 

Pj Wali Kota menyampaikan bahwa GPM sebagai upaya memfasilitasi kebutuhan masyarakat. Terutama ketersediaan beras program Stabilisasi Pasokan Dan Harga Pangan (SPHP) dengan harga yang terjangkau dan di bawah harga pasar. 

"Kami prioritaskan beras karena saat ini harganya mengalami kenaikan di pasaran. Setelah kami komunikasikan, ternyata ada perubahan di pola tanam. Untuk itu kami fasilitasi dengan GPM ini," ujarnya. 

Tak hanya itu, untuk memastikan ketersediaan beras, Pemda Kota Cirebon sudah meminta Bulog untuk bekerjasama dengan ritel dan toko modern. Pemda Kota Cirebon juga mewaspadai risiko tekanan inflasi menjelang hari-hari besar keagamaan dalam waktu dekat ini, seperti Ramadan dan Lebaran.

Beberapa risiko tekanan inflasi antara lain kenaikan permintaan menjelang Ramadan, serta potensi kenaikan harga bahan pokok.

"GPM ini akan ada 5 titik di Kota Cirebon, ini akan rutin digelar setiap bulan selama 12 bulan, sebagai upaya kami juga untuk stabilisasi pasokan dan harga pangan di hari besar keagamaan seperti ramadan dan lebaran," jelasnya.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut