get app
inews
Aa Read Next : Pemkot Cirebon Gelar Pasar Murah, Harga Beras Premium Rp. 14 Ribu/Kilogram

10 Negara Penghasil Beras Terbesar di Dunia, Asia Jadi Lumbung

Jum'at, 30 Desember 2022 | 08:44 WIB
header img
10 negara penghasil beras terbesar di dunia, Asia jadi lumbung. (Foto: MPI)

JAKARTA, iNewsCirebon.id 10 negara penghasil beras terbesar di dunia, Asia jadi lumbung. Beras menjadi salah satu makanan pokok sebagian besar masyarakat dunia, khusunya untuk penduduk ada di kawasan Asia. 

Beras juga merupakan salah satu tanaman pertanian terbesar ke-3 yang diproduksi di dunia, setelah jagung dan tebu. Negara penghasil beras terbesar di dunia akan dibahas pada artikel ini.

Beras yang berasal dari olahan padi yang sudah dipanen. Padi yang sudah dipanen itu kemudian akan mengalami beberapa tahap pasca panen seperti perontokan, pengeringan, penggilingan, hingga akhirnya menjadi beras yang siap dimasak dan dikonsumsi oleh manusia.

Lebih dari 3,5 miliar populasi dunia menganggap beras sebagai makanan utama mereka yang berarti setidaknya setengah dari warga dunia rutin mengkonsumsi beras. Negara kawasan Asia menjadi negara yang mendominasi produsen beras secara global, termasuk Indonesia.

Lantas negara apa saja yang menjadi penghasil beras terbesar di dunia?. Dikutip dari berbagai sumber, Jumat (30/12/2022) berikut negara penghasil beras terbesar di dunia.

Negara penghasil beras terbesar di dunia:

10. Brasil

Brazil menjadi satu-satunya negara di luar Asia yang masuk 10 besar penghasil beras terbesar dunia. Negara Amerika Latin itu pada periode 2020/2021 menghasilkan 8 juta ton beras, setara dengan 2 persen dari jumlah beras di periode itu.

9. Pakistan

Pakistan menghasilkan hampir 11.174.700 ton beras pada 2017. Wilayah Punjab memiliki produksi beras paling banyak dibandingkan dengan provinsi lain di Pakistan. Orang-orang benua ini termasuk India, Bangladesh dan Pakistan suka makan nasi setiap hari.

8. Filipina 

Negara Asia lainnya yang menajdi penghasil beras adalah Filipina. Filipina tercatat memproduksi beras sebesar 12,42 juta MT. Pada 2021/2022, United States Department of Agriculture (USDA) memperkirakan produksi beras secara global mencapai 512,86 juta MT.

7. Myanmar 

Myanmar juga termasuk negara penghasil padi paling besar di dunia. Negara ini bisa memproduksi padi hingga 25,86 juta ton atau sekitar 3,41% dari jumlah produksi tanaman padi dunia.

6. Thailand 

Negara Asia Tenggara lainnya yang juga termasuk negara penghasil padi terbesar yaitu Thailand. Negara ini bisa memproduksi padi hingga 30,1 juta ton atau sekitar 3,97% dari jumlah produksi padi di dunia. 

5. Vietnam 

Vietnam merupakan penghasil beras terbesar kelima di dunia. Produksi beras negara ini pada tahun 2021 sebanyak 27,3 juta ton. Negara ini menanam padi di delta Sungai Mekong dan Sungai Merah. 52% beras Vietnam berasal persawahan yang berada di kawasan delta Sungai Mekong. Sekitar 82% lahan yang terdapat di negara ini digunakan untuk menanam padi.

4. Bangladesh 

Produksi beras Bangladesh hanya beda-beda tipis dengan Indonesia. Pada tahun lalu produksi beras Bangladesh sebanyak 34,6 juta ton. Beras yang dihasilkan oleh negara ini setengah dari PDB pertanian negara dan seperenam dari pendapatan nasional Bangladesh. Negara ini menanami beras di sebagian wilayah Aman, Boro dan Aus.

3. Indonesia 

Indonesia merupakan penghasil beras terbesar dunia di urutan ketiga. Berdasarkan data Statista, tahun lalu produksi beras Indonesia 35,3 juta ton.

Produksi beras di Indonesia bisa berasal dari dataran rendah ataupun dataran tinggi di Indonesia. Sebagian besar produksi beras Indonesia berasal dari Pulau Jawa dan Sumatera, sekitar 60%. 

2. India 

India merupakan penghasil beras terbesar di dunia. Sama halnya dengan China, India merupakan salah satu negara yang memproduksi beras hingga melebihi 122 juta ton. 

Negara ini juga merupakan konsumen beras terbesar kedua, sehingga dapat diperkirakan konsumsi setiap tahunnya hingga 100 juta ton. Penghasil beras terkemuka di India adalah negara bagian Benggala Barat. 

1. China 

China merupakan negara terbesar yang memproduksi beras di dunia. Negeri Tirai Bambu ini menciptakan varietas padi hibrida pertama di dunia. 

Padi jenis itu merupakan persilangan dari dua jenis tanaman yang berbeda. Produksi beras sangat penting dalam sektor perekonomian China yang menghasilkan 28% dari total produksi beras di dunia. 

Setiap hektare sawah di China mampu menghasilkan beras sebanyak 6,5 ton. Berdasarkan data Statista, pada 2021 China menghasilkan beras sebanyak 148,3 juta ton.

Nah, itulah negara penghasil beras terbesar di dunia, didominasi negara yang ada di Asia. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan pembaca semua.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut