get app
inews
Aa
Read Next : Temuan BPK Puluhan ASN Kabupaten Cirebon Masuk dalam Penerima BLT

Catat Ini Bansos Bulan Desember 2022 yang Cair, Ada BLT Hingga BSU

Selasa, 06 Desember 2022 | 19:25 WIB
header img
Bantuan Sosial yang cair pada bulan Desember ( foto : istimewa )

2. BSU

Selain itu ada bantuan untuk pekerja seperti Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau BLT subsidi gaji Rp600.000. Pencairan BSU dilakukan melalui 2 mekanisme, pertama melalui rekening Bank Himbara dan kedua melalui Pos Indonesia.

Diketahui, anggaran bansos ini masuk ke dalam perlindungan sosial (perlinsos) 2022. Tercatat, hingga Oktober 2022, realisasi anggaran perlinsos mencapai Rp333,8 triliun.

3. PKH

PKH atau Program Keluarga Harapan adalah program pemberian bansos bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat atau KPM. Program ini adalah upaya percepatan penanggulangan kemiskinan yang sudah dirilis sejak tahun 2007.

Bansos PKH tahap 4 kembali dicairkan pada periode Desember 2022. Bansos PKH tahap 4 diberikan kepada 10 juta KPM dengan besaran nominal bantuan beragam mulai Rp200 ribu hingga Rp3 jutaan bergantung hak penerima.

Selain BLT BBM tahap 2 dan BSU, bansos lainnya juga akan dicairkan seperti bansos PKH tahap 4, Bantuan Pangan Non Tunai atau BPNT hingga BLT UMKM.

4. BPNT

BPNT atau Bantuan Pangan Non Tunai merupakan program pemerintah dalam memberikan bantuan sosial kepada masyarakat miskin untuk membantu kesejahteraan kehidupan mereka terutama dalam bentuk bahan makanan pokok.

Namun kabarnya, pencairan BPNT Desember 2022 kali ini akan dirapel sekaligus tiga bulan Rp600.000 dengan bulan sebelumnya. Sementara total dana bantuan dari BPNT tahun 2022 ini adalah Rp2,4 juta yang didapatkan penerima dalam satu tahun pencairan.

Nah, itulah bansos bulan Desember 2022 yang cair. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan pembaca semua.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut