get app
inews
Aa Read Next : 10 Mata Uang Paling Tak Berharga di Dunia, Apakah Rupiah Termasuk?

Berikut 10 Mata Uang Tertinggi di Dunia

Senin, 05 Desember 2022 | 08:57 WIB
header img
Sepuluh mata uang tertinggi di dunia. (Foto: Ilustrasi/ Pixabay.com)

4. Dinar Yordania (JOD)

Adapun mata uang tertinggi di dunia selanjutnya adalah Dinar Yordania. Diketahui jika satu Dinar Yordania setara dengan Rp20.259,35. Salah satu langkah yang membuat mata uang Yordania tinggi karena pemerintah Yordania telah membatasi produk dan kebijakan pemerintah terkait pembatasan nilai mata uang.

5. Poundsterling (GBP)

Di Posisi kelima ada mata uang Poundsterling yang memiliki nilai tertinggi di dunia. Diinformasikan bahwa satu poundsterling (GBP) setara dengan Rp18.850. Adapun faktor yang membuat nilai poundsterling tinggi lantaran suku bunganya.

6. Dolar Kepulauan Cayman (KYD)

Terakhir ada Dolar Kepulauan Cayman atau KYD yang masuk dalam kategori mata uang tertinggi di dunia. Mengapa demikian? Karena untuk satu dolar kepulauan Cayman setara dengan USD1,2 atau Rp14.560 (per 4/4/2022). Negara tersebut memiliki kekuatan ekonomi dari sektor jasa keuangan dan perpajakan yang membuat nilai mata uang mereka tetap tinggi.

7. Euro (EUR)

Euro merupakan mata uang resmi dari berbagai kelompok yang dikenal dengan Kawasan Euro atau Zona Euro. Mata uang ini mencakup 19 dari 27 negara Eropa di Unie Eropa. Karena ada banyak negara kaya yang tergabung ke dalamnya, maka nilai mata uang euro pun menjad mata uang termahal di setiap tahunnya.

8. Franc Swiss (CHF)

Frand Swiss adalah mata uang untuk negara Swiss dan Liechtenstein. Kedua negara tersebut mengandalkan sektor perbankan yang tertutup, sehingga kedua negara tersebut menjadi tempat yang aman untuk modal internasional.

9. Dolar AS (USD)

Dolar Amerika menjadi mata uang nasional resmi Amerika Serikat dan mata uang yang paling banyak diperdagangkan di seluruh dunia. Dengan alasan tersebut, mata uang ini dijadikan dasar dalam mengukur kekuatan mata uang lainnya. Selama UD masih menjadi mata yang yang banyak digunakan secara luas, maka mata uang USD akan terus berada dalam deretan mata uang termahal di tahun-tahun selanjutnya.

10. Dollar Kanada (CAD)

Negara Kanada memiliki negara yang memiliki cadangan uranium paling besar kedua di dunia selain minyak mentahnya. Karena hubungannya dengan AS melalui jalur perdagangan sangat kuat, maka Dolar Kanada berfluktuasi secara substansial berdasarkan nilai Dollar Amerika yang sedang berlangsung.

Nah, itulah sepuluh mata uang tertinggi di dunia. Nomor satu ada mata uang Dinar Kuwait, semoga artikel ini dapat menambah wawasan pembaca semua.
 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut