get app
inews
Aa Read Next : Tidak Cukup Bukti, keluarga Santri Gontor Batal Laporkan Pihak Pesantren

Mengenal Museum Tentang Kematian yang Ada di Surabaya, Ini Faktanya

Sabtu, 03 Desember 2022 | 10:19 WIB
header img
Mengenal museum tentang kematian yang ada di Surabaya, begini penampakanya. Foto: DOK.Okezone.

Berdiri sejak 2006

Salah satu pengurus museum Kematian, Desi Bestiana, menjelaskan museum ini sendiri sebenarnya sudah lama berdiri tepatnya pada tahun 2006. Saat itu hanya berupa koleksi replika makam yang terletak pada salah satu ruangan.

Museum kematian ini didirikan jurusan Antropologi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga. Kemudian pada 2014 bangunan museum kematian direnovasi karena mendapat hibah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pengunjung bisa mempelajari antropologi sosial budaya dan antropologi ragawi


Mengenal museum tentang kematian yang ada di Surabaya, begini penampakanya. Foto: DOK.Okezone.
 
Dengan adanya museum kematian ini, pengunjung bisa mempelajari antropologi sosial budaya dan antropologi ragawi. Supaya dua peminatan itu bisa bersatu, maka didisplaykan di museum ini.

"Kematian itu bisa dilihat dari budaya dan bisa dilihat dari segi tubuh manusia, karena setelah mati manusia akan dikubur dan diproses dalam pembusukan," ungkapnya, Selasa (4/9/2018).

Ada replika kerangka manusia

Desi menambahkan, koleksi dalam museum kematian berupa replika. Namun untuk kerangka yang ada di museum bukan replika, tapi kerangka betulan. Kerangka itu didapat dari kepolisian, yang jenazah tanpa identitas.

"Selain kerangka, koleksi museum ini juga banyak benda-benda etnografi seperti berbagai fosil dan buku-buku tentang etnografi. Museum ini buka pukul 10.00 WIB sampai 15.00 WIB mulai hari Senin sampai Jumat," tandas Desi.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut