get app
inews
Aa Read Next : 2 Nakes di PKM Pamengkang Terpapar Covid-19

Harga Saham Sektor Farmasi dan Kesehatan Melesat di Tengah Tingginya Covid-19

Selasa, 22 Juni 2021 | 17:06 WIB
header img
Analis Senior CSA Research Institute, Reza Priyambada. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Per Senin (21/6/2021), kasus positif Covid-19 di Indonesia menembus angka 2.004.445 kasus. Kondisi tersebut memengaruhi harga sejumlah saham di sektor farmasi dan kesehatan yang kembali melejit.

Analis Senior CSA Research Institute, Reza Priyambada, mengatakan kenaikan harga  saham-saham di sektor farmasi dan kesehatan merupakan persepsi dari pelaku pasar akan meningkatnya kebutuhan fasilitas kesehatan di tengah kenaikan angka positif Covid-19.

"Saham-saham farmasi mengalami kenaikan seiring persepsi pelaku pasar akan kembali meningkatnya kebutuhan akan fasilitas kesehatan mengingat kembali maraknya penyebaran covid," ujar Reza kepada MNC Portal Indonesia, Selasa (22/6/2021).

Mengenai prospek jangka panjang saham-saham di sektor tersebut, Reza menyebut hal tersebut tidak bisa diketahui dari sekarang karena harus melihat sentimen yang ada ke depannya.

'Kemarin-kemarin aja kan terlihat begitu sudah ada vaksin, angka covid turun saham saham farmasi ikut turun juga meski secara riil kebutuhan fasilitas kesehatan masih diperlukan," ucapnya.

Adapun beberapa saham sektor kesehatan dan farmasi yang mengalami peningkatan pada penutupan perdagangan hari ini, mulai dari Indofarma (INAF), Kimia Farma (KAEF), Itama Ranoraya (IRRA), Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul (SIDO), Medikaloka Hermina (HEAL), Prodia Widyahusada (PRDA), dan Sarana Meditama Metropolitan (SAME).

Saham PT Indofarma Tbk (INAF) pada penutupan hari ini mengalami kenaikan sebesar Rp 190 atau 7,36 persen ke Rp2.770 per lembar saham. Kemudian, saham PT Kimia Farma Tbk (KAEF) pada penutupan hari ini mengalami kenaikan sebesar Rp130 atau 4,47 persen ke Rp3.040 per lembar saham. Lalu, saham PT Itama Ranoraya Tbk (IRRA) pada penutupan hari ini mengalami kenaikan sebesar Rp5 atau 0,28 persen ke Rp1.760 per lembar saham.

Selanjutnya, saham PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) pada penutupan hari ini mengalami kenaikan sebesar Rp5 atau 0,68 persen ke Rp735 per lembar saham. Kemudian, saham PT Medikaloka Hermina Tbk (HEAL) pada penutupan hari ini mengalami kenaikan sebesar Rp150 atau 3,19 persen ke Rp4.850 per lembar saham.

Kemudian, saham PT Prodia Widyahusada Tbk (PRDA) pada penutupan hari ini mengalami kenaikan sebesar Rp260 atau 6,06 persen ke Rp4.550 per lembar saham, dan terakhir, saham PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk (SAME) pada penutupan hari ini mengalami kenaikan sebesar Rp15 atau 2,52 persen ke Rp610 per lembar saham.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut