get app
inews
Aa Read Next : 2 Nakes di PKM Pamengkang Terpapar Covid-19

Di Uji Preklinik Ivermectin Terbukti Bunuh Virus Covid-19

Senin, 28 Juni 2021 | 16:41 WIB
header img
Ivermectin. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Ivermectin dosis tertentu terbukti ampuh membunuh virus Covid-19. Hanya saja, data tersebut masih sebatas hasil uji di laboratorium atau tahap preklinik. Hal itu disampaikan pakar Mikrobiologi Klinik, Prof Pratiwi Sudarmono.

"Proof of Concept sudah ada, di mana kami mempunyai data bahwa penelitian preklinik di laboratorium mengungkapkan Ivermectin pada dosis tertentu bisa membunuh virus SARS CoV2 penyebab Covid-19," ujar Prof Pratiwi, di konferensi pers virtual, Senin (28/6/2021).

Prof Pratiwi yang merupakan tim ahli peneliti dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan (Balitbangkes) melanjutkan, dengan proof of concept itu, maka tim peneliti melakukan upaya untuk mencari dosis toxic yang serendah mungkin yang bisa dipakai dalam hal ini dan kemudian peneliti masuk ke uji klinik fase I, II, dan III.

"Saya pribadi berharap bahwa dengan selesainya uji klinik Ivermectin pada beberapa minggu ke depan, kami merasa bahwa sudah cukup bukti untuk menjadikan obat ini, bila hasilnya baik, menjadi guideline atau panduan pengobatan Covid-19 pasien derajat ringan-sedang, bila diperlukan bisa masuk juga pada mereka yang mempunyai derajat berat," kata Prof Pratiwi.

Lebih jauh dia menjelaskan penelitian untuk melakukan uji klinik Ivermectin telah diulas beberapa kali dan penelitian terkait dengan hal ini telah ditulis dengan sangat baik dan memperhatikan semua aspek uji klinik sedemikain rupa mulai dari sampel size, metodologi, dan juga data-data sebelumnya.

Nah, berdasar 'systematic review' dari puluhan publikasi yang diperiksa atau ditili, kata Prof Pratiwi, pihaknya merasa bahwa uji klinik Ivermectin adalah uji klinik yang sangat baik.

"Uji klinik pun minimal dilaksanakan di 8 rumah sakit. Dengan demikian, uji klinik menggunakan sampel pasien dengan Covid-19 berbagai derajat sakit mulai dari ringan sampai sedang akan memberikan data mengenai baik atau buruknya Ivermectin ini dalam pengobatan Covid-19 untuk masyarakat Indonesia yang sedang terpapar Covid-19," tutur Prof Pratiwi.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut